Jakarta, MobilKomersial.com - Kakorlantas Polri Irjen Pol. Drs. Istiono mengklaim pos-pos penyekatan selama masa pelarangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 H terbukti efektif menekan jumlah pemudik. 

Berdasarkan analisis dan evaluasi Operasi Ketupat yang berlangsung sejak 6 Mei 2021, volume kendaraan menurun drastis dari hari-hari normal. Hingga sejak berlakunya masa pelarangan mudik, sebanyak 600.000 kendaraan telah diputar balik. 

Tak hanya itu, terhitung 600 travel ditindak karena kedapatan mengangkut penumpang yang hendak mudik. Penindakan mudik lebaran berlaku sampai hari ini, Senin 17 Mei 2021 di mana polisi menyiapkan pos-pos penyekatan di 381 titik yang tersebar dari Palembang hingga Bali.

Baca juga: Polda Metro Jaya: Pemudik yang Reaktif Langsung Dibawa ke Wisma Atlet

“Saya sampaikan bahwa Operasi Ketupat 2021 hari ke delapan, volume arus mudik kemarin turun yang menuju Jawa lebih kurang 74%, yang menuju Jawa Barat turun 100%, menuju Merak turun 45%,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan memprediksi 23 juta masyakarat bakal melakukan mudik lebaran 2021. Namun, berdasarkan data yang dihimpun Kemenhub, hanya 1,5 juta orang yang keluar wilayah Jabodetabek.

Baca juga: Menhub Prediksi Peningkatan Pemudik Bakal Terjadi Pada H+2, Masyarakat Diimbau Tak Melakukan Perjalanan

Sedangkan untuk hari ini, pihak Korlantas Polri berfokus untuk menangani arus balik sejak tanggal 16-20 Mei 2021. Kakorlantas juga mengklaim sosialisasi peniadaan mudik saat operasi keselamatan pada 24 April-5 Mei terbilang cukup efektif. Pihaknya juga mengklaim, 381 titik penyekatan yang tersebar dari Palembang hingga Bali juga berjalan maksimal.

”Ini artinya kesadaran masyarakat sudah bagus dan langkah-langkah tindakan kita untuk melakukan pencegahan baik melalui sosialisasi maupun langkah penyekatan di lapangan sangat efektif untuk kita lakukan,” ujar Kakorlantas.

 

Share :

Berikut Sederet Keunggulan Kampas Rem Bosch

Produk terbaru ini mampu meminimalisasi suara dan getaran karena menggunakan material non asbestos

Read More
Jasamarga Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Tanpa Registrasi Online

Kegiatan vaksinasi ini juga melayani vaksin Pfizer untuk KTP seluruh Indonesia dengan registrasi online.

Read More
Ini Juara Baru Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Juara baru untuk pertama kalinya dan berhasil meraih posisi pertama di kelas rokie dengan catatan waktu 20 menit 28,0331 detik. Tambahan beban seberat 10 kg tak menghalangi Gilbert menjadi juara p

Read More