Jakarta, MobilKomersial.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi peningkatan pergerakan masyarakat akan terjadi pada H+2 lebaran atau hari ke 11 masa pelarangan mudik. 

Guna mengatasi hal tersebut, Kemenhub menyatakan bakal konsisten melakukan penyekatan. Pemerintah juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan perjalanan di hari tersebut. 

Dikutip dari laman resmi Kemenhub, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan tantangan pengendalian transportasi di sektor darat lebih besar dibandingkan sektor lainnya. Karena, lanjut Menhub, potensi masyarakat yang ingin mudik di sektor darat terbilang cukup tinggi. 

Baca juga: Kemenhub Klaim Pergerakan Transportasi di Masa Pelarangan Mudik Masih Terkendali

”Oleh karenanya effort yang dilakukan rekan-rekan petugas di lapangan baik dari TNI, Polri, Dishub, KKP, Satgas, dan unsur terkait lainnya adalah suatu hal yang luar biasa. Kesabaran para petugas dalam menangani masyarakat pengguna transportasi darat pun sudah dilakukan dengan baik,” kata Budi Karya Sumadi, usai meninjau Bandara Soekarno Hatta dan Pos Penyekatan di Gerbang Tol Cikarang Barat, KM 12 Tol Jakarta-Cikampek, Rabu (12/5/2021).

Menhub mengapresiasi sinergi yang baik antar instansi terkait dalam rangka mensukseskan kebijakan peniadaan mudik tahun ini dalam rangka mencegah meningkatkan kasus positif Covid-19 di Indonesia usai masa libur Idul Fitri 1442H/2021.

”Terima kasih kepada ketua DPR, Panglima TNI, Kapolri, Menkes, Ketua Satgas, telah hadir untuk melihat langsung penerapan pengendalian transportasi di masa peniadaan mudik. Karena dengan adanya sinergi antar kementerian dan lembaga ini memberikan satu warna yang baik dan kekompakan dalam menjalankan kebijakan ini,” tutur Menhub.

Baca juga: Awasi Kebijakan Pelarangan Mudik, Kemenhub Buka Posko Terpadu

Menhub juga menyatakan, hingga hari ke-7 masa peniadaan mudik, telah terjadi penurunan pergerakan manusia yang signifikan di semua sektor baik di darat, laut, udara, dan kereta api, yaitu sekitar 70-90% dibanding periode sebelum masa peniadaan mudik.

”Kami apresiasi masyarakat yang telah memahami maksud dan tujuan pemerintah melakukan peniadan mudik, sehingga akhirnya mengurungkan niat untuk melakukan perjalanan mudik tahun ini,” ucap Menhub.

 

Share :

Berikut Sederet Keunggulan Kampas Rem Bosch

Produk terbaru ini mampu meminimalisasi suara dan getaran karena menggunakan material non asbestos

Read More
Jasamarga Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Tanpa Registrasi Online

Kegiatan vaksinasi ini juga melayani vaksin Pfizer untuk KTP seluruh Indonesia dengan registrasi online.

Read More
Ini Juara Baru Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Juara baru untuk pertama kalinya dan berhasil meraih posisi pertama di kelas rokie dengan catatan waktu 20 menit 28,0331 detik. Tambahan beban seberat 10 kg tak menghalangi Gilbert menjadi juara p

Read More