Jakarta, MobilKomersial.com - Banyaknya kasus mobil terbakar mendorong pemerintah mengeluarkan peraturan yang mewajibkan mobil baru dilengkapi Alat Pemadam Api Ringan atau APAR.

Ketentuan ini tertuang pada Peraturan Direktur Jendral Perhubungan Darat Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor, yang membahas mengenai kewajiban pemasangan APAR di mobil produksi tahun 2021.

Untuk mendukung kebijakan tersebut, Daihatsu bersama GT Radial menggelar acara IG Live Ngobrol Asyik dengan tema 'Belajar tentang APAR', yang masih bisa dilihat di Instagram @daihatsuind channel IGTV.

Baca juga : 5 Cara Aman Bawa Mobil Matic Saat Hadapi Banjir ala Daihatsu

Pada acara ini, Daihatsu mengundang berbagai narasumber dalam memberikan edukasi mulai dari seputar bahaya kebakaran pada kendaraan, faktor penyebabnya, cara penggunaan, garansi, cara perawatan, serta informasi menarik penting lainnya.

"Acara ini merupakan bagian dari upaya kami dalam memberikan edukasi akan pentingnya APAR dan juga bagaimana cara penggunaannya dengan tepat, sehingga Anda dapat lebih tenang saat berkendara," ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Senin (26/4/2021).

Nah, agar lebih paham mengenai jenis dan fungsinya, berikut panduan memilih APAR.

APAR jenis air

APAR jenis air ini memang paling murah, namun hanya bisa digunakan untuk memadamkan bahan padat yang terbakar, seperti kertas, plastik, karet, dan sejenisnya. APAR ini tak bisa digunakan pada bahan logam.

APAR jenis bubuk kimia

APAR ini lebih cocok digunakan untuk kebakaran yang diakibatkan korsleting listrik. Kandungan APAR jenis bubuk kimia terdiri dari mono amonium dan amonium sulfat.

APAR jenis karbondioksida

APAR jenis karbon dioksida ini merupakan jenis yang paling cocok untuk mobil pribadi. Alat ini bisa memadamkan kebakaran karena kelistrikan, cairan seperti minyak, alkohol, kertas, dan sebagainya.

APAR jenis busa

Apar yang satu ini cocok untuk digunakan untuk memadamkan kebakaran benda padat bukan logam dan cairan, misanya kertas, karet, plastik, minyak, alkohol, dan sebagainya.

Cara memadamkan api dengan APAR

Saat mobil tiba-tiba terbakar, penumpang diimbau tidak panik. Panik hanya akan membuat susah berpikir dan menemukan solusi dengan cepat.

Hal yang perlu dilakukan yakni tepikan mobil ke tempat aman, matikan mesin, lalu mulai memadamkan api menggunakan APAR yang sudah tersedia.

Jika terindikasi sumber kebakaran dari arah mesin, ada baiknya membuka dulu kap mesin lalu semprotkan APAR/ Saat membuka kap mesin, upayakan kita berada di posisi samping mobil, jangan di depan untuk menghindari arah kobaran api.

Share :

Ada Potongan Harga PPnBM, Begini Tips Memilih Asuransi Mobil yang Tepat

Sebagai barang mewah, saat melakukan pembelian mobil tak ada salahnya menggunakan layanan asuransi karena mobil adalah aset yang harus dilindungi agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Read More
Berikut Tips Mengatasi Retak Halus Pada Ban Ala Dunlop

Jika terdapat retak halus pada ban kendaraan, apa yang perlu dilakukan?

Read More
5 Tips Berkendara Aman dan Nyaman di Bulan Puasa

Agar tetap aman dan nyaman saat berkendara serta tidak mengganggu jalannya puasa, Suzuki Indonesia memberikan lima tips berkendara di bulan puasa.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler