Jakarta, MobilKomersial.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melansir penjualan mobil pada Maret 2021 dengan mencatatkan lebih dari 85 ribu unit atau naik 172 persen dibanding Februari 2021.

Angka pencapaian total wholesale (pabrik ke diler) pada Maret 2021 yang mencapai lebih dari 85 ribu unit ini, mendekati angka pencapaian normal yang berada pada angka sekitar 90 ribu unit.

Melalui keterangan resmi Gaikindo Sabtu (24/4), kebijakan yang dikeluarkan pemerintah tentang relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), menjadi pendongkrak pertumbuhan penjualan mobil di Indonesia.

Selain itu, peningkatan tajam ini juga menjadi momentum awal yang luar biasa atas pulihnya ekosistem industri otomotif nasional yang sempat merosot karena pandemi melanda Indonesia di 2020.

Baca juga : Dukung Perluasan PPnBM, Gaikindo: Kalau Pemerintah Lakukan Perluasan, Kami Sambut Gembira

Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengungkapkan, bahwa dengan tanggung jawab menopang lebih dari 1,5 juta tenaga kerja di Indonesia, industri otomotif harus bangkit dan terus bergerak.

"Kebijakan PPnBM menjadi jawaban paling tepat karena memberi percepatan luar biasa terhadap upaya pemulihan industri otomotif. Gaikindo sangat berterimakasih kepada Kementerian Perindustrian RI, Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator Perekonomian yang telah memperjuangkan kebijakan tersebut," kata Nangoi, Sabtu.

Nangoi menambahkan, adanya kebijakan PPnBM yang menggerakkan pasar dan mendorong tingginya permintaan, juga diperlukan penyesuaian kepasitas produksi untuk memenuhinya.

"Upaya percepatan produksi harus tetap mematuhi persyaratan dan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku. Upaya percepatan tidak dapat berlangsung secara maksimal, sehingga efek kejar-kejaran permintaan dan produksi tidak dapat dielakkan," ungkapnya.

Share :

Baru Seminggu Meluncur, Toyota Raize Sudah Bukukan Angka SPK Ribuan Unit

Toyota Raize berhasil mendapatkan respon positif dengan pencapaian angka surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 1.269 unit.

Read More
Terisnpirasi Mobil Balap Legendaris, HPM Luncurkan Model Terbaru New Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior.

Read More
Deretan Teknologi Canggih yang Ada di Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky telah resmi meluncur di Indonesia pada 30 April 2021 lalu. Mobil compact SUV 5 penumpang ini memiliki desain yang stylish dan modern.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler