Jakarta, MobilKomersial.com - Saat mengoperasikan kendaraan berat seperti bus atau truk, diperlukan sistem pengereman yang baik.

Alasannya, karena bobot berat yang dibawa sangat memungkinkan terjadinya kehilangan daya pengereman.

Oleh karena itu, rem utama pada bus dan truk dibekali dengan fitur rem tambahan seperti exhaust brake, engine brake dan retarder.

Untuk sistem pengereman retarder, saat ini diketahui cukup populer di dunia perbus-an Indonesia.

Hampir seluruh produk baru dari pabrikan bus sudah menyematkan sistem pengereman ini, termasuk bus Mercedes-Benz.

Kecanggihan sistem pengereman retarder juga dirasakan oleh RR Retno Nurwani, seorang pengemudi perempuan yang menjabat Master Driver Swakelola di Transjakarta sejak 2015.

Menurut perempuan yang biasa dipanggil Roro ini, yang menjadi favorit saat mengoperasikan bus buatan Mercedes-Benz adalah punya fitur canggih yaitu sistem rem retarder.

"Mengendarai Mercy ini saya paling suka karena ada rem retardernya, jadi pengereman itu tidak hanya rem tangan dan rem kaki saja," kata Roro dalam acara Mercedes Mobility Talks secara daring, Rabu (21/4/2021).

Share :

Larangan Mudik, DPP Organda: Pemasangan Stiker Jadi Langkah Solutif dan Terukur

DPP Organda sambut baik Surat Dirjen Perhubungan Darat soal pemasangan stiker bus AKAP dan AJAP.

Read More
Pemprov DKI Sediakan Bus Transjakarta Gratis di Tanah Abang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 5 armada Transjakarta gratis bagi penumpang yang tidak bisa naik KRL.

Read More
Wow! PO Sinar Jaya Rilis 6 Unit Bus Legacy SR2 Suites Class dengan Kabin Social Distancing

Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya kembali menambah armada baru. Tak tanggung-tanggung, PO ini menghadirkan 6 unit bus Legacy SR2 Suites Class buatan Karoseri Laksana.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler