Jakarta, MobilKomersial.com - Insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPNBM yang diberikan sejak awal Maret 2021, membawa dampak positif bagi penjualan mobil baru di Indonesia.

Jka merujuk data Gaikindo, pasar otomotif nasional di Maret 2021 mengalami peningkatan volume retail sales (diler ke konsumen) menjadi sekitar 77 ribu unit, atau naik 65% dibandingkan Februari 2021.

Dampak tersebut turut dirasakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM), yang pada periode Maret 2021 mengalami peningkatan pemesanan tertinggi sejak pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia.

Pada periode tersebut, Daihatsu mencatatkan angka retail sekitar 12 ribu unit atau naik sekitar 47 persen dibandingkan Februari 2021.

Selain itu, adanya insentif PPnBM 0 persen ini juga turut membuat pemesanan Daihatsu Terios dan Daihatsu Xenia meningkat pesat, bahkan lonjakannya diklaim mencapai 200 persen.

Baca juga : Ada Relaksasi PPnBM, Penjualan Daihatsu Tembus 30 Ribu Unit pada Kuartal 1 2021

Namun demikian, dibalik lonjakan jumlah pemesanan kedua model tersebut, menimbulkan antrean atau inden yang cukup lama, sehingga Daihatsu membuat strategi baru untuk meningkatkan angka produksi.

Hendrayadi Lastiyoso, Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International-Daihatsu Sales Operation mengatakan, kemampuan produksi tidak bisa memenuhi peningkatan pemesanan yang membludak, terutama untuk Terios dan Xenia. 

"Melihat dari permintaan SPK, Terios mendapatkan permintaan yang peningkatannya paling signifikan, growth-nya sampai 139 persen di Maret," ucap Hendrayadi saat jumpa pers secara virtual, Jumat (16/4). 

"Terios itu bisa sampai tiga bulan, Xenia sekitar dua bulan. Untuk model-model lain masih bisa kami penuhi dalam waktu tak terlalu lama," sambung dia.

Share :

Daihatsu Sharing Teknologi Bersama Ratusan Guru SMK se Jawa Tengah

PT Astra PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selenggarakan pelatihan virtual kepada ratusan guru Motor (ADM) selenggarakan pelatihan virtual kepada ratusan guru

Read More
Lebaran Batal Mudik, Coba Aja Nongkrong Santai Sambil Lihat N7X Concept di Dreams Café

Pecinta mobil Honda yang ingin melihat produk terbaru Honda New 7 Seater eXcitement (N7X) Concept di Dreams Café, Ground Floor, Senayan Park Jakarta.

Read More
Wuling Donasikan 25.000 Masker Non Medis ke Muhammadiyah Covid-19 Command Center

Wuling Motors kembali menggelar kegiatan kepedulian sosial yang bertajuk Ramadhan Care 2021 dengan menyerahkan bantuan berupa 25.000 masker non medis kepada Muhammadiyah Covid-19 Command Center

Read More
honda

Terkini

Terpopuler