Jakarta, MobilKomersial.com - Mitsubishi Xpander sejatinya merupakan mobil keluarga. Tapi oleh Rifat Sungkar bersama PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) diubah menjadi mobil reli.

Saat memodifikasi Mitsubishi Xpander menjadi Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar dan tim Ralliart Selandia Baru sangat terbantu dengan keunggulan rancang bangun yang dimiliki oleh mobil MPV tersebut.

Kelebihan ini sebenarnya sudah dicium oleh Rifat Sungkar saat pertama kalinya mencoba Mitsubishi Xpandrer di pusat riset Mitsubishi di Okazaki, Jepang pada 2017. 

Saat itu sebagai sebuah MPV, Mitsubishi Xpander bisa dikendalikan sangat mudah, salah satu faktor pendukungnya adalah bagian kaki-kaki yang filosofi kaki-kakinya mirip sedan legendaris reli, Mitsubishi Evolution.

"Paling utama ada di wheelbase-nya, karena sangat panjang. Berbeda dengan mobil-mobil hatchback yang biasanya dijadikan basis untuk mobil reli. Jadi memang perlu banyak ubahan untuk bisa membuatnya sebagai mobil reli," kata Rifat beberapa waktu lalu.

Baca juga : Dapat Relaksasi PPnBM Nol Persen, Penjualan Duo Xpander Naik Dua Kali Lipat

Yang paling signifikan adalah dari penyusutan berat keseluruhan Xpander, yang sejatinya bobot Mitsubishi Xpander mencapai 1.780 kg, namun harus mengikuti spesifikasi mobil balap AP4 dengan bobot maksimal 1.230 kg hingga 1.300 kg.

Seperti mobil reli lainnya, Rifat mendesain interiornya dibuat tak normal lagi, jok baris kedua dan ketiga sampai lapisan dek bawah dan atap sudah dikuliti dan diganti dengan palang besi sebagai roll bar.

Lihat juga : Mitsubishi Xpander AP4 Jalani Uji Coba Perdana di Sirkuit Tembong Jaya

Tidak sampai disitu, bagian kaca juga dicopot yang digantikan material plexiglass dengan lubang angin, yang membuat bobot makin turun. Sedangkan doortrim dibuat dengan bahan karbon. 

"Dengan penggunaan plexiglass membuat bobot mobil hemat 8 kilogram dari versi standar. Karena otomatis juga ikut melepas rangkaian motor power window dan segala komponen lainnya juga," ujar Rifat saat menjelaskan Xpander AP4 di YouTube Channel-nya, Selasa (13/4/2021).

Share :

Mengulik Fitur Unggulan di SUV Kompak Daihatsu Rocky

Daihatsu Rocky secara keseluruhan memiliki desain yang aktif dan trendi, ditambah fitur terkini seperti Front LED Headlamp, Rear LED Combi Lamp, serta Rear Spoiler.

Read More
Baru Seminggu Meluncur, Toyota Raize Bukukan Angka SPK Ribuan Unit

Toyota Raize berhasil mendapatkan respon positif dengan pencapaian angka surat pemesanan kendaraan (SPK) mencapai 1.269 unit.

Read More
Terinspirasi Mobil Balap Legendaris, HPM Luncurkan New Honda Civic Type R

New Honda Civic Type R hadir dengan beberapa perubahan di eksterior dan interior.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler