Jakarta, MobilKomersial.com – Beberapa terminal tipe A yang dikelola Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPJT) mengalami peningkatan penumpang bus Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP). Peningkatan ini terjadi di momentum libur panjang peringatan wafat Isa Almasih. 

Beberapa terminal tipe A yang mengalami peningkatan yaitu: Terminal Tipe A Jatijajar, Kota Depok; Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang; Terminal Pondok Cabe, Kota Tangerang Selatan dan Terminal Baranangsiang Kota Bogor.

Dikutip dari laman resminya, Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengungkapkan, rata-rata jumlah penumpang per hari di awal bulan April 2021 meningkat hingga 26-96% dibandingkan bulan sebelumnya. Kenaikan ini kemudian diikuti dengan kenaikan jumlah bus yang beroperasi di bulan ini, yakni 15-58% dibandingkan bulan sebelumnya. 

Baca juga: Berikut Titik Keberangkatan Bus Gratis Setiap Hari Senin Selama Periode Januari-Juni 2021

”Untuk Terminal Poris Plawad, sepanjang bulan Maret yang lalu setiap akhir pekan, rata-rata melayani penumpang sebanyak 491 orang per hari,” jelas Polana. 

Menurut Polana, jumlah penumpang di Terminal Poris Plawat (bulan April 2021) mencapai 782 orang per hari. Sedangkan bus yang beroperasi di terminal ini mencapai 159 bus per hari. Sedangkan untuk tujuan perjalanan, lebih didominasi oleh penumpang yang hendak ke Wonogiri dan Yogyakarta. 

Sementara kenaikan penumpang di Teminal Jatijajar mencapai 96% dan melayani 371 penumpang. Menurut Polana, rata-rata perhari terdapat 729 penumpang atau naik sekitar 96%. Sementara untuk bus yang beroperasi, lanjut Polana, naik sekitar 21%,” kata Polana. 

Cegah Kepadatan KRL, BPTJ Berikan Bus Alternatif Gratis Setiap Senin Pagi

Ia juga menungkapkan, sepanjang akhir pekan di bulan Maret, rata-rata sebanyak 86 armada bus beroperasi setiap hari di Terminal Jatijajar. Sedangkan di akhir pekan bulan April ini rata-rata terdapat 104 bus yang beroperasi setiap hari. 

Di Terminal Baranangsiang, terjadi kenaikan penumpang sebesar 26% atau sebanyak 291 penumpang dibandingkan dengan sebelumnya yang mencapai 230 penumpang. Sedangkan jumlah armada yang beroperasi, naik dari 29 unit ke 58%. 

Untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, terjadi peningkatan jumlah penumpang dari 43 orang menjadi 77 penumpang. 

”Jumlah operator bus AKAP yang terdapat di Pondok Cabe sebanyak 29 PO dan selama ini penumpang terbanyak yang memanfaatkan layanan terminal Pondok Cabe yaitu Sumenep,” tutup Polana.

 

Share :

Berikut Sederet Keunggulan Kampas Rem Bosch

Produk terbaru ini mampu meminimalisasi suara dan getaran karena menggunakan material non asbestos

Read More
Jasamarga Gelar Vaksinasi Tahap Kedua, Tanpa Registrasi Online

Kegiatan vaksinasi ini juga melayani vaksin Pfizer untuk KTP seluruh Indonesia dengan registrasi online.

Read More
Ini Juara Baru Honda Racing Simulator Championship (HRSC)

Juara baru untuk pertama kalinya dan berhasil meraih posisi pertama di kelas rokie dengan catatan waktu 20 menit 28,0331 detik. Tambahan beban seberat 10 kg tak menghalangi Gilbert menjadi juara p

Read More