Padang, MobilKomersial.com - Pembangunan Terminal Anak Air yang terletak di Kota Padang, Sumatra Barat, hampir rampung. Namun, di terminal yang menyerupai bandar udara itu, masih ditemukan sejumlah kendala. 

Kendala-kendala itu ditemukan saat Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Ahmad Yani bersama Ketua Umum IPOMI Kurnia Lesani Adnan menyempatkan diri untuk menyambangi terminal Anak Air dalam rangkaian perjalanan Roadshow to Sumatra 2021. 

Menilik proses pembangunannya, bisa dikatakan terminal tipe A Anak Air nyaris 100 persen rampung. Tampilan terminal ini bisa dikatakan menyerupai bandara udara (Bandara).

Beberapa kendala itu antara lain, sulitnya bus berukuran besar masuk ke dalam area terminal. Padahal hampir semua bus antar kota antar provinsi (AKAP) berukuran besar. 

Baca juga : Pengusaha Bus Ingatkan Pentingnya Penumpang Gunakan Safety Belt

Akses masuk dan pintu gerbangnya dianggap terlalu sempit. Begitu juga pada lorong pemberhentian bus, akses untuk bus-bus besar yang panjang dirasakan kurang memadai.

Terminal ini merupakan terminal bus utama di kota Padang, menggantikan Terminal Lintas Andalas yang berubah menjadi Plaza Andalas dan terminal Bengkuang yang berubah menjadi Balaikota Padang.

Pada 9 Februari 2018, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan peletakan batu pertama proyek pembangunan Terminal Anak Air. Lahan seluas 4,5 hektar untuk pembangunan terminal dibebaskan oleh Pemerintah Kota Padang, sedangkan pembangunan fisiknya dikerjakan oleh Pemerintah Pusat.

Terminal ini berdekatan dengan Pasar Lubuk Buaya dan halte kereta api Lubuk Buaya. Selain itu, terminal ini berjarak sekitar 9 km dari Bandara Internasional Minangkabau dan 3,5 km dari gerbang Jalan Tol Padang–Pekanbaru.

Share :

IMX 2021 Gandeng Carsome Jadi Exclusive Car Trading Partner

Carsome bakal menjadi Exclusive Car Trading Partner untuk mendukung dan memperkenalkan platform jual beli mobil.

Read More
Jasa Marga: Mobilitas Masyarakat di Jalan Tol Menurun Sejak PPKM

PT Jasa Marga (Persero) mencatat penurunan mobilitas masyarakat di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat

Read More
Mengenal Fitur Trip Meter pada Mobil Suzuki, Ini Fungsinya

Di mobil Suzuki, trip meter terletak di balik lingkar kemudi bersama dengan indikator lain.

Read More