Cirebon, MobilKomersial.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon akan mulai mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) atau bus Trans Cirebon pada April 2021.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, bahwa saat ini sudah terfasilitasi antara pengelola BRT yakni PD Pembangunan dengan operator PT Bima Intra Global (BIG) sudah ada perjanjian kerjasama (PKS). 

"Sedangkan untuk PKU masih belum menemui titik kesepakatan. Karena nantinya harus jelas siapa berbuat apa di dalam perjanjiannya," ungkapnya dikutip Radarcirebon, senin (22/3).

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi menjelaskan, peresmian beroperasinya BRT akan dilakukan pada pertengahan April mendatang. Saat ini pihaknya tengah menggelar evaluasi sebelum resmi beroperasi.

"Kami sudah menggelar rapat evaluasi mengenai BRT. Kami juga libatkan Organda dan sejumlah pihak lainnya. Kalau dilihat dari progresnya direncanakan launching April," kata Agus Mulyadi kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Selasa (23/3/2021).

Baca juga : Pengusaha Bus Ingatkan Pentingnya Penumpang Gunakan Safety Belt

Dijelaskan Agus, dalam rapat evaluasi, pihaknya turut membahas mengenai tarif BRT untuk penumpang. Diketahui, saat ini Pemkot Cirebon memiliki 10 unit BRT dan telah menyiapkan rute atau trayek untuk BRT tersebut. 

"Tarif belum dibahas secara rinci. Nanti akan ada semacam subsidi dari APBD, sehingga akan ada pergeseran anggaran yang sudah dianggarkan di Dishub sebesar Rp 500 juta ke belanja subsidi," kata Agus.

"Kita tegaskan untuk tahap awal ini tidak terlalu melihat faktor profit. Jalan saja dulu. Nanti untuk start dan finish (trayek BRT) di Terminal Dukuh Semar," lanjut Agus.

Simak juga : Damri Jalin Kerja Sama dengan ShopeePay untuk Pembayaran Digital

Tiketing nantinya menggunakan uang nontunai dan bus akan difasilitasi WiFi gratis, kemudian CCTV untuk memantau pergerakan di dalam ruangan BRT.

Rencananya trayek BRT masuk dalam angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) seperti akan melintasi destinasi wisata dan rumah sakit. 

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Cirebon itu nantinya melintasi kawasan Brimob (Jalan Sultan Ageng Tirtaya) menuju arah Kedawung, dilanjut menuju lampu merah Trusmi dan putar balik mengarah Jalan Pilang Raya.

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler