Cirebon, MobilKomersial.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon akan mulai mengoperasikan Bus Rapid Transit (BRT) atau bus Trans Cirebon pada April 2021.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cirebon, Andi Armawan mengatakan, bahwa saat ini sudah terfasilitasi antara pengelola BRT yakni PD Pembangunan dengan operator PT Bima Intra Global (BIG) sudah ada perjanjian kerjasama (PKS). 

"Sedangkan untuk PKU masih belum menemui titik kesepakatan. Karena nantinya harus jelas siapa berbuat apa di dalam perjanjiannya," ungkapnya dikutip Radarcirebon, senin (22/3).

Sementara, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi menjelaskan, peresmian beroperasinya BRT akan dilakukan pada pertengahan April mendatang. Saat ini pihaknya tengah menggelar evaluasi sebelum resmi beroperasi.

"Kami sudah menggelar rapat evaluasi mengenai BRT. Kami juga libatkan Organda dan sejumlah pihak lainnya. Kalau dilihat dari progresnya direncanakan launching April," kata Agus Mulyadi kepada awak media di Balai Kota Cirebon, Selasa (23/3/2021).

Baca juga : Pengusaha Bus Ingatkan Pentingnya Penumpang Gunakan Safety Belt

Dijelaskan Agus, dalam rapat evaluasi, pihaknya turut membahas mengenai tarif BRT untuk penumpang. Diketahui, saat ini Pemkot Cirebon memiliki 10 unit BRT dan telah menyiapkan rute atau trayek untuk BRT tersebut. 

"Tarif belum dibahas secara rinci. Nanti akan ada semacam subsidi dari APBD, sehingga akan ada pergeseran anggaran yang sudah dianggarkan di Dishub sebesar Rp 500 juta ke belanja subsidi," kata Agus.

"Kita tegaskan untuk tahap awal ini tidak terlalu melihat faktor profit. Jalan saja dulu. Nanti untuk start dan finish (trayek BRT) di Terminal Dukuh Semar," lanjut Agus.

Simak juga : Damri Jalin Kerja Sama dengan ShopeePay untuk Pembayaran Digital

Tiketing nantinya menggunakan uang nontunai dan bus akan difasilitasi WiFi gratis, kemudian CCTV untuk memantau pergerakan di dalam ruangan BRT.

Rencananya trayek BRT masuk dalam angkutan antar kota dalam provinsi (AKDP) seperti akan melintasi destinasi wisata dan rumah sakit. 

Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Cirebon itu nantinya melintasi kawasan Brimob (Jalan Sultan Ageng Tirtaya) menuju arah Kedawung, dilanjut menuju lampu merah Trusmi dan putar balik mengarah Jalan Pilang Raya.

Share :

Nonton MotoGP Juga Bisa Naik Bus, Ini Daftar Busnya

Sirkuit Mandalika akan menggelar race MotoGP 2022 pada tanggal 18-20 Maret 2022. Bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa dan ingin menyaksikan langsung MotoGP Mandalika dengan transportasi bus, banyak pilihan layanan bus AKAP lintas pulau dari Jawa ke Nusa T

Read More
Wajah Baru Bus Tingkat PO Agung Sejati

Bus Tingkat PO Agung Sejati baru-baru ini melakukan suatu gebrakan, yakni mengubah desain interior dan eksteriornya.

Read More
Damri Sediakan Bus Royal Class untuk Perjalanan Jakarta-Surabaya-Malang

Layanan Damri Royal Class ini memberikan keunggulan kenyamanan tempat duduk yang lebih besar, dilengkapi leg rest dan foot rest, serta reclining seat yang menambah kenyamanan bagi pelanggan.

Read More