Jakarta, MobilKomersial.com - Fuso, anak perusahaan Daimler Trucks yang berbasis di Jepang, mengirimkan tiga truk ringan Fuso e-Canter listrik untuk kebutuhan IKEA di Jepang. Hal ini membuat perusahaan ini menjadi perusahaan perabotan rumah tangga pertama yang menerima pengiriman dengan e-Canter. 

Pemilihan e-Canter dilakukan karena IKEA Jepang telah berkomitmen memberikan dampak positif bagi manusia, masyarakat dan bumi melalui perlindungan dan revitalisasi lingkungan. 

IKEA memutuskan untuk serius menetapkan target mengurangi emisi gas rumah kaca sebesar 80% pada tahun 2030. Oleh karena itu, IKEA akan berkomitmen menggunakan 100% kendaraan listrik untuk kebutuhan logistiknya pada tahun 2025. 

Tidak hanya di Jepang, e-Canter juga telah digunakan di Jerman untuk pengiriman IKEA di Berlin sejak tahun 2017 lalu. Sampai hari ini IKEA Jepang mengoperasikan dua dari tiga kendaraan e-Canter dan satu lagi digunakan oleh SG Moving Co., Ltd., mitra logistik IKEA Jepang. 

Salah satu dari tiga kendaraan digunakan untuk pengiriman produk antara toko IKEA Kohoku dan IKEA Harajuku, sedangkan dua lainnya digunakan untuk mengirimkan barang-barang perabotan rumah langsung ke rumah pelanggan.

Selain ramah lingkungan, truk seberat 7,49 ton ini mampu menangani distribusi muatan jarak pendek dalam kota dari IKEA ke para pelanggan.  

E-Canter yang digunakan untuk pengiriman antara IKEA Kohoku dan IKEA Harajuku menempuh jarak rata-rata sekitar 50 km per hari dengan sekali perjalanan pulang-pergi antar toko. Selain itu, e-Canter juga kerap dimanfaatkan oleh IKEA untuk melakukan pengiriman barang dengan jarak tempuh melebihi 100 km. 

Sebagai pelopor truk listrik, FUSO telah menetapkan visi untuk mempercepat elektrifikasi dan transportasi lokal tanpa emisi dalam industri kendaraan komersial. Hal ini sejalan dengan strategi Daimler Trucks, FUSO memimpin industri kendaraan komersial ke masa depan dan bertujuan untuk memiliki semua kendaraan baru di Triad (Eropa, Amerika Utara, dan Jepang) "tank-to-wheel" CO2-neutral pada tahun 2039.

Dengan demikian, e-Canter siap untuk memainkan peran penting, karena minat dalam membentuk masyarakat dekarbonisasi mendapatkan momentum di dalam pemerintahan baik di dalam maupun di luar Jepang. 

Sampai hari ini lebih dari 60 truk tugas ringan bertenaga listrik telah beroperasi di Jepang dan lebih dari 200 e-Canter beroperasi setiap hari di seluruh dunia. 

 

Share :

Ingin Jajal Nikola Tre, Hamburg Port Authority Tandatangani MoU Bersama Iveco dan Nikola Corporation

Nikola Tre merupakan truk listrik hasil dari kolaborasi antara Iveco dan startup Nikola Corporation.

Read More
Scania Hadir di MINExpo 2021, Tawarkan Truk Tambang Minim Emisi

Semua truk pertambangan Scania dapat ditenagai oleh mesin Euro 5 atau 6

Read More
Daimler Indonesia Kenalkan Fitur Keselamatan Baru Pada Truk Mercedes-Benz

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memperkenalkan fitur keselamatan baru pada truk heavy duty Mercedes-Benz Actros dan Arocs. Fitur-fitur keselamatan tersebut antara lain MirrorCam, yang membantu pen

Read More
honda

Terkini

Terpopuler