Jakarta, MobilKomersial.com – Di masa perubahan cuaca dari musim hujan ke musim kemarau, pemilik kendaraan diharapkan memperhatikan bagian kolong mobil dan spakbor. 

Di musim seperti ini, bagian ini penting untuk diperhatikan karena material spare part yang ada di kolong rata-rata menggunakan bahan baku besi. Selain itu, bagian ini jarang dilihat oleh pemilik kendaraan sewaktu dibersihkan. 

”Bagian kolong mobil tidak terlihat. Padahal kotoran seperti pasir atau sampah dari genangan air dapat menempel. Efeknya dapat menimbulkan karat, walaupun pabrikan sudah melapisi dengan anti karat.” ujar Samsudin, National Technical Advisor PT Astra International Peugeot, dikutip dari laman resminya, Rabu (10/3/2021).

Baca juga: Jajal Pasar Komersial, Peugeot Perkenalkan Pikap Landtrek, Berikut Spesifikasinya

Bagian kolong kendaraan dan spakbor penting untuk diperhatikan karena air hujan memiliki kadar PH di bawah 5 atau 6 karena karbondioksida di udara larut dengan air hujan yang memiliki bentuk sebagai asam lemah. Sedangkan kadar PH yang netral adalah berada pada angka 7.

Agar dapat menghindari karat dan memperpanjang usia kendaraan, mobil yang baru terkena hujan harus dibersihkan dan dibilas dengan air bersih, terutama di area sepakbor dan kolong mobil jika dapat dijangkau. Pembersihan bagian-bagian tersebut adalah dengan menggunakan air bertekanan tinggi. 

Baca juga: Begini Cara Tune Up Mobil Sendiri Ala Wuling 

Selain kedua bagian tersebut, bagian pelek, kaliper dan cakram rem akan terganggu kinerjanya apabila terkena pasir yang menempel. Namun, apabila mobil sulit dibersihkan, sebaiknya dibawa ke tempat cuci mobil yang memiliki fasilitas cuci bagian kolong dan mempunyai alat hidrolik. 

 

Share :

7 Keuntungan Bagi Pemilik Kendaraan yang Servis di Bengkel Resmi

Perawatan kendaraan secara berkala menjadi hal krusial dalam menjaga performa mesin dan umur kendaraan.

Read More
5 Cara Merawat Mobil Saat PPKM Level 4 Diberlakukan

Selama masa PPKM, banyak dari kita melakukan pekerjaan dari rumah (WFH) yang membuat pola aktivitas juga berubah.

Read More
Mengemudi dengan Teknik Eco Driving Bikin Irit BBM, Begini Caranya

Eco Driving dinilai mampu menghemat waktu dan biaya, aman, serta ramah lingkungan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler