Jakarta, MobilKomersial.com - Curah hujan di sejumlah wilayah di Indonesia masih cukup tinggi, termasuk di Jabodetabek. Alhasil, banyak daerah yang tergenang air alias banjir, bahkan sampai mobil kesayangan terjebak banjir secara tiba-tiba.

Seperti yang belum lama terjadi di sejumlah ruas jalan tol di Jakarta. Tak sedikit mobil mogok karena ketinggian air berada di batas normal kendaraan.

Lantas, jika terjebak banjir seperti itu apa yang harus Anda lakukan? Yang paling utama, jangan panik dan tetap tenang, lalu lihat di sekitar apakah ketinggian air sudah sangat dalam dan membahayakan.

Baca juga : Lakukan Trik ini Supaya Harga Jual Kembali Xpander Tetap Tinggi

Apabila membahayakan maka jangan memaksakan diri untuk menerobos, sebab jika nekat untuk tetap menerabas banjir risikonya cukup tinggi. Salah-salah nanti mobil Anda bisa mogok karena air masuk ke ruang mesin.

Selain itu, Anda juga perlu tahu seberapa dalam air yang bisa dilewati oleh mobil Anda. Jangan sampai memasuki air intake atau saluran udara yang ada di dalam ruang mesin. Jika Anda tidak yakin, sebaiknya matikan mesin dan berhenti saja sampai datang pertolongan dari petugas yang berpengalaman.

Perhatikan juga gelombang air yang timbul karena ada kendaraan lain yang juga melintasinya. Adanya gelombang air ini dipastikan akan membuat tinggi air menjadi naik turun dan berisiko untuk masuk ke dalam saluran udara mobil lebih besar lagi.

Share :

Simak, Begini Cara Kerja Fitur Pengereman ABS, EBD dan BA

Pada mobil-mobil keluaran terbaru, ketiga teknologi di atas itu dapat menciptakan sinergi yang membuat pengendara lebih mudah dalam mengendalikan laju kendaraan sehingga mereduksi potensi kecelakaan.

Read More
5 Langkah Tepat Yang Harus Dilakukan Pada Mobil Usai Terabas Banjir Rob

Air banjir rob biasanya lebih jernih daripada banjir lainnya. Selain itu, airnya pun memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda dari banjir jenis lain. Pasalnya, air laut pasti memiliki kadar garam yang lebih tinggi.

Read More
Pentingnya Menggunakan Engine Flush Sebelum Ganti Oli

Seiring pemakaian pastinya kondisi mesin mobil akan terbentuk deposit kotoran akibat dari oksidasi pada oli yang terjadi di ruang bakar. Oksidasi inilah yang membuat tingkat penguapan oli jadi tinggi dan kemudian terbakar akibat suhu mesin, sehingga timbu

Read More
honda

Terkini

Terpopuler