Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berencana akan mengoperasikan 80 persen bus listrik untuk armada Transjakarta pada tahun 2030 mendatang.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, bahwa dalam mendukung komitmen Kota Jakarta untuk udara bersih, Pemprov DKI berencana beralih menggunakan bus listrik.

"Armada bus listrik akan terus ditingkatkan, sehingga pada tahun 2030 diharapkan 80% armada Transjakarta telah menggunakan bus listrik. Semua dilakukan demi membuat maju Kota Jakarta," ucap Anies melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (7/3/2021).

Keinginan Anies tersebut agar masyarakat bisa beralih dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum demi mengurangi kendaraan berbahan bakar minyak di jalan, terlebih menggunakan bus listrik yang berbahan bakar baterai dan bebas emisi. 

Baca juga : Transjakarta Dinobatkan Sebagai BUMD Terbaik Versi Majalah Warta Ekonomi

Menurut Anies, transportasi itu merupakan denyut nadi dalam kehidupan perkotaan, kita harus memastikan bahwa transportasi itu ramah lingkungan dan bebas polusi.

"Oleh karena itu bus listrik hadir dalam sistem transportasi di DKI Jakarta untuk memastikan bahwa transportasi itu ramah lingkungan dan bebas polusi," tandas dia.

Lebih lanjut, Anies mengatakan, dengan menggunakan transportasi umum, masyarakat dapat mengurangi tingkat polusi udara dan emisi gas rumah kaca. Apalagi, kata dia, jika bus kota menggunakan bus listrik yang menggunakan baterai dan bebas emisi.

"Bus listrik bukan hanya lebih bersih, bus listrik juga berjalan lebih halus, minim getaran, dan lebih tenang. Dengan menggunakan bus listrik diharapkan warga Jakarta lebih nyaman dan bahagia dalam bertransportasi," tutur Anies

Share :

473 Unit Bus Nefaz Laris Manis Diborong BUMN Mosgortrans

Pabrikan mobil asal Rusiaini kebanjiran order bus dari Mosgortrans.

Read More
GAZ Group Luncurkan Bus LiAZ-5292 LN, Bus Kota yang Ramah Difabel

GAZ Grup, pabrikan kendaraan komersial asal Rusia, meluncurkan LiAZ-5292 LN.

Read More
Perusahaan Transportasi Atac Tambah 100 Unit Bus Hybrid Mercedes-Benz Citaro

Perusahaan transportasi asal Roma, Atac, akan menerima 100 unit bus hybrid Mercedes-Benz Citaro. Bus buatan Jerman ini akan dikirim dalam tiga lot antara Juni dan musim gugur tahun ini.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler