Jakarta, MobilKomersial.com - Mulai hari ini, Senin (1/3/2021), pemerintah memberikan potongan Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM sebesar nol persen untuk mobil baru tertentu.

Total ada 21 tipe mobil dari berbagai merek yang mendapatkan relaksasi PPnBM dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ketentuan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Perindustrian (Kepmenperin) Nomor 169 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor dengan PPnBM Atas Penyerahan Barang Kena Pajak yang Tergolong Mewah Ditanggung oleh Pemerintah pada Tahun Anggaran 2021. 

Adapun kebijakan itu ditandatangani oleh Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dan resmi diundangkan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani pada 26 Februari 2021. 

Baca juga : Pemberian PPnBM Dinilai Tak Sejalan dengan Kebijakan Kemenhub untuk Masyarakat Naik Angkutan Umum

Dalam Pasal 5 dalam beleid tersebut menjelaskan bahwa, besaran insentif PPnBM sebesar 100 persen akan diberikan selama periode Maret hingga Mei. 

Kemudian, insentif 50 persen diberikan dari Juni sampai dengan Agustus, dan 25 persen berlaku bulan September hingga Desember 2021.

Insentif ini berlaku bagi mobil sedan dan kendaraan dengan satu gardan penggerak (4x2), yang memiliki isi kapasitas mesin sampai dengan 1.500 cc dan memiliki kandungan lokal sebesar 70 persen.

next-->> 

Share :

Damri Pindah ke Transaksi Cashless, Fokus Menekan Penyebaran Covid-19

Sebagai upaya menyikapi penurunan penyebaran pandemi Covid-19, Damri mendukung upaya pemerintah untuk mengurangi transaksi dengan uang tunai.

Read More
Resmi Buka IIMS Hybrid 2021, Jokowi Minta Transformasi Green Technology Dijalankan

Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 resmi dibuka hari ini.

Read More
Jangan Lupa! Pameran IIMS Hybrid 2021 Resmi Dibuka Mulai Besok

Indonesia International Motor Show (IIMS) akhirnya akan kembali digelar mulai Kamis besok, 15 April 2021 dengan konsep hibrida.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler