Jakarta, MobilKomersial.com – Sampai hari ini ketersediaan bahan bakar biosolar B30 di SPBU di Indonesia masih menyisakan persoalan, terutama dalam hal penyesuaian B30 di kendaraan. 

B30 Merupakan bahan bakar dengan kandungan 30% minyak nabati yang kalau dibiarkan dan terjadi perubahan suhu yang drastis dapat menghasilkan gel yang mempengaruhi suplai bahan bakar. Hal inilah yang kemudian membuat belanja suku cadang fast moving seperti penyaring bahan bakar menjadi sering dilakukan. 

Baca juga: 

Namun, pada truk Isuzu, problem tersebut sudah teratasi dengan penggunaan filter bahan bakar ganda. Instruktur Project Training Center PT Isuzu Astra Motor Indonesia Thomas A Wijanarka menjelaskan bahwa filter ganda ini masing-masing berbeda ukuran.

"Filter bahan bakar ini ada dua. Yang kedua itu saringannya lebih kecil," ujar Thomas merujuk pada kerja filter yang kemudian sudah terukur secara masa perawatan.

Baca juga: 

Normalnya, truk Isuzu sekalipun dengan kondisi di atas baru akan berganti filter setiap 20.000 km. Namun dengan catatan, masa penggantian filter tersebut akan lebih sering jika truk digunakan di daerah.

"Kualitas bahan bakar di daerah berbeda. Jadi, filter harus lebih sering diganti," ujarnya.

Menurut Thomas, yang harus dihindari saat gel menumpuk di ruang saringan. Penumpukan inilah, kata Thomas, dapat menjebolkan filter karena dikira tersumbat, filter bahan bakar tersebut justru dijebolkan. 

next >

Share :

Mengenal Fitur dan Tanda di Panel Speedometer Mobil

Panel instrumen yang kerap disebut dengan speedometer, pada mobil-mobil modern tidak hanya berisikan informasi tentang kecepatan kendaraan.

Read More
Inilah Anggapan  yang Keliru Soal Ban Kendaraan Niaga

Tapi, benarkah ukuran ban sebanding dengan kekuatan dan kemanan ban kendaraan ketika digunakan di jalan raya?

Read More
Lakukan Langkah Ini Agar Kinerja Suzuki New Carry Pick Up Terus Optimal

Agar kinerjanya tetap terjaga, konsumen harus melakukan perawatan berkala serta memperhatikan spesifikasi kendaraan dan peraturan di jalan raya.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler