Jakarta, MobilKomersial.com – Upaya merealisasi Indonesia bebas Over Dimension Over Loading (ODOL) tahun 2023, Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Hubdat berencana memperbaiki ekosistem dari hulu sampai ke hilir. 

Ditjen Hubdat mengklaim pihaknya terus aktif dalam melakukan penindakan (P21) terhadap kendaraan yang over tonase dengan transfer muatan yang biayanya dibebankan kepada operator serta normalisasi kendaraan. Pihak Hubdat juga bakal mengawasi penerbitan SRUT kendaraan secara online hingga penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUe) pada Pengujian Kendaraan Bermotor. 

Baca juga: Beri Peringatan, 4 Kendaraan Over Dimension Dinormalisasi

Selain itu, Ditjen Hubdat bakal mengevaluasi kinerja Unit Pelaksana Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) di daerah-daerah dengan cara memperketat pengujian kendaraan yang ada di daerah guna meminimalisasi potensi truk melakukan praktik ODOL. 

”Kami sekarang sedang menertibkan pengujian di kabupaten atau kota, kalau tidak sesuai akreditasi akan kami tutup sambil mereka melengkapi alat dan petugas berkompetensi, karena semua ini arahannya untuk keselamatan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi, dikutip dari laman resminya, Selasa (16/2/2021). 

Baca juga: KNKT Soroti Kasus Kecelakaan Akibat Truk Over Load

Menurut Budi, pihaknya juga sedang mengupayakan Permenhub yang berkaitan dengan Omnibuslaw di mana pihaknya bakal membuka peluang swasta, bengkel, APM dapat mendirikan bengkel uji. 

Budi berharap agar semua pihak bekerjasama dalam menyelesaikan persoalan ODOL di Indonesia. Karena, menurut dia, ODOL di Indonesia adalah persoalan bersama yang dampaknya dapat merugikan banyak pihak. Selain mengancam korban jiwa, kata Budi, ODOL juga merugikan negara karena praktik ini dapat mempercepat kerusakan infrastruktur jalan. 

 

(Denny)

Share :

Bangun Pabrik BEV di Karawang, Hyundai, LG Energy Solution dan Pemerintah Indonesia Tandatangani MoU

Hyundai bakal bangun pabrik BEV di Karawang

Read More
Berikut Perbedaan Spesifikasi Pada Setiap Varian New Pajero Sport

Generasi terbaru Pajero Sport ini hadir dengan beragam varian penggerak dua roda dan empat roda.

Read More
Isuzu Siapkan Program PPKM, Beli Elf Diskon hingga Rp 50 Juta

Isuzu Indonesia menawarkan program bertajuk P.P.K.M, yakni Promo Potongan Karoseri Murah.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler