Jakarta, MobilKomersial.com - Sejumlah ruas tol di wilayah Jawa telah mengalami kenaikan tarif yang berlaku sejak Minggu, 17 Januari 2021.

Dengan begitu, salah satu yang terkena dampak akibat kenaikan tarif tol itu adalah para operator bus atau Pengusaha Otobus (PO).

Menanggapi hal tersebut, Anthony Steven Hambali, Pemilik PO Sumber Alam mengungkapkan bahwa kenaikan tarif tol memang merupakan hal yang lumrah.

Namun, kata dia, seharusnya bisa ditahan kebijakan itu karena saat ini masih masa-masa krisis pandemi Covid-19.

"Dari sisi kepantasan, di masa seperti ini tidak seharusnya menaikkan tarif tol. tapi kok ya dikeluarkan (kebijakan itu). Kami menyorotinya dari sisi itu," ungkap dia saat dihubungi MobilKomersial.com, Senin (18/1).

Baca juga : IPOMI: Tidak Ada Ketentuan Penumpang Angkutan Umum Maksimal 50%

Kendati ada kenaikan tarif tol, Anthony menyebutkan, pihaknya hingga saat ini masih tetap menggunakan tarif standar, tidak ada kenaikan harga tiket.

"Tarif tol kan pengaruhnya tidak terlalu signifikan, jadi tidak ada kenaikan harga tiket sih. Justru di masa pandemi ini PO banyak banting-bantingan harga tiket,' terangnya.

Seperti diketahui, PT Jasa Marga (Persero) melalui sejumlah kelompok usahanya telah melakukan penyesuaian tarif di enam ruas tol mulai 17 Januari 2021 pukul 00.00 WIB. 

Simak juga : Mulai 17 Januari 2021, Jasa Marga Terapkan Penyesuaian Tarif di 6 Ruas Jalan Tol

Keenam ruas tol tersebut adalah Jakarta Outer Ring Road/JORR (E1, E2, E3, W2U, W2S dan Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami), Cikampek-Padalarang (Cipularang), Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi), Semarang Seksi A,B,C, Palimanan-Kanci (Palikanci), dan Surabaya-Gempol (Surgem).

Penyesuaian tarif di enam ruas tol telah diatur dalam Pasal 48 ayat (3) Undang-Undang (UU) Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan dan Pasal 68 ayat (1) Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol, sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan PP Nomor 30 Tahun 2017 tentang perubahan ketiga atas PP Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol.

Share :

Larangan Mudik, DPP Organda: Pemasangan Stiker Jadi Langkah Solutif dan Terukur

DPP Organda sambut baik Surat Dirjen Perhubungan Darat soal pemasangan stiker bus AKAP dan AJAP.

Read More
Pemprov DKI Sediakan Bus Transjakarta Gratis di Tanah Abang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 5 armada Transjakarta gratis bagi penumpang yang tidak bisa naik KRL.

Read More
Wow! PO Sinar Jaya Rilis 6 Unit Bus Legacy SR2 Suites Class dengan Kabin Social Distancing

Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya kembali menambah armada baru. Tak tanggung-tanggung, PO ini menghadirkan 6 unit bus Legacy SR2 Suites Class buatan Karoseri Laksana.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler