Jakarta, MobilKomersial.com - Saat ini, Small Multi Purpose Vehicle (Small MPV) masih menjadi segmen mobil yang paling diminati di Indonesia.

Selain bisa muat banyak penumpang, sebagian masyarakat memilih segmen ini karena ingin dijadikan sebagai investasi. 

Karena ketika membeli mobil baru, karakteristik konsumen di Indonesia umumnya memikirkan banyak hal sebelum memutuskan, salah satunya soal harga jual kembali mobil tersebut.

Walaupun beberapa tahun setelah membeli mobil tersebut akan terdepresiasi seiring dengan tahun pemakaian dan kondisi mobil itu sendiri. 

Baca juga : Jangan Asal Injak Pedal Gas, Kenali Batas Kecepatan Berkendara Saat Hujan dan Jalanan Licin

Namun, ada sejumlah faktor lain yang bisa membantu agar harga jual kembali sebuah mobil tetap tinggi. Lantas bagaimana agar harga mobil bekas tersebut bisa stabil di pasaran?

Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, membagikan tips bagi pemilik Mitsubishi Xpander maupun model Mitsubishi lainnya agar tetap memiliki nilai jual yang tinggi.

Boediarto mengungkapkan, untuk menjaga harga jual kembali (resale value) tinggi, kuncinya terletak pada kualitas produk dan ketersediaan layanan purna-jual.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan konsumen dalam memilih mobil yang tepat agar kualitas mobil terjaga sehingga harga jual kembali tetap stabil. 

1. Servis Berkala di Bengkel Resmi

Untuk memastikan fungsi dari tiap komponen yang ada di kendaraan bekerja secara normal, dibutuhkan pengecekan melalui perawatan berkala di bengkel resmi.

"Apabila mobil selalu melakukan servis berkala di bengkel resmi, akan memiliki histori perawatan yang terdokumentasi dengan baik," ujarnya.

Karena, kata dia, calon pembeli mobil bekas, biasanya kerap menjadikan parameter ini untuk mengukur kualitas kendaraan. 

"Bahkan tak sedikit dari calon pembeli akan meminta track record dari mobil yang akan dibeli," sambungnya. 

Simak juga : Memahami Cara Jumper Aki Mobil Secara Tepat dan Aman

2. Perawatan Interior dan Eksterior

Pemilik mobil juga harus memberi perhatian lebih pada kondisi eksterior dan kabin mobil, sehingga akan menambah nilai harga jual kembali. 

"Kondisi mobil harus tetap mulus dan terawat. Apabila dirasa perlu, cobalah sesekali dalam 6 bulan lakukan perawatan ke salon mobil untuk merawat interior (termasuk jok kulit) dan eksterior (termasuk ruang mesin)," pungkasnya.

Share :

Mau Beli Mobil Baru dengan Insentif PPnBM, Simak Tips Agar Gampang Jual Mobil yang Lama

Sebelum membeli mobil baru dengan PPnBM nol persen, apa saja hal yang harus Anda perhatikan jika ingin menjual mobil lama

Read More
Begini Cara Tune Up Mobil Sendiri Ala Wuling

Meski begitu, ada sebagian konsumen yang lebih senang melakukannya sendiri di rumah. Terlebih saat ini memasuki masa Pembatasan Sosial Bersekala Besar.

Read More
Kiat Putar Balik Kendaraan yang Benar dan Lebih Aman

Daihatsu Indonesia memberikan dua teknis yang bisa dilakukan, yaitu three point turn dan u turn.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler