Denpasar, MobilKomersial.com - Bus listrik angkutan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Bali yang diluncurkan oleh Gubernur Bali I Wayan Koster awal November 2020 lalu telah diuji coba dengan melayani sejumlah rute penting di seluruh wilayah Provinsi Bali.

Rute tersebut antara lain mulai dari Badung, Denpasar, Gianyar, Tabanan, Bangli, Klungkung, Singaraja, Karangasem dan Jembrana berakhir di akhir Desember 2020 ini.

Bus listrik KSPN hasil kolaborasi Perum PPD, Perusahaan Daerah (Perusda) Bali dan Dinas Perhubungan (Dishub) Bali memiliki beberapa keunggulan, seperti yang jelas terlihat adalah ramah lingkungan bahkan tanpa polusi bagi warga Bali.

Bus listrik KSPN ini merupakan perwujudan dukungan terhadap Pergub Bali No. 45 Tahun 2019 tentang ‘Bali Energi Bersih’ guna mencapai salah satu Visi dan Misi Pemerintah Provinsi Bali untuk mengembangkan tata kehidupan krama Bali, menata wilayah, dan lingkungan yang hijau, indah dan bersih.

Kerjasama ini merupakan bentuk implementasi Pergub Bali No. 48 Tahun 2019 tentang Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai guna mendukung Program Pemerintah untuk efisiensi energi dan pengurangan polusi di bidang transportasi.

Baca juga : Uji Coba Gratis Bus Listrik INKA di Bali, Ini Jam Operasionalnya

Keunggulan Bus Listrik

Bus listrik memiliki keunggulan yaitu diantaranya tidak mengeluarkan suara bising ketika beroperasi dan tidak ada residu berupa asap atau gas buang yang menyebabkan polusi. 

Tidak seperti bus atau angkutan umum lainnya, bus ini hanya berhenti pada titik-titik tertentudan tidak menaik-turunkan penumpang selain di tempat yang telah disediakan.

Program ini merupakan bentuk kerjasama Perum PPD dengan Perusda Bali untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset Pemerintahan Provinsi Bali dalam membangun sistem pelayanan transportasi berbasis IT di bawah koordinasi Dinas Perhubungan Provinsi Bali. 

Kerjasama ini bertujuan untuk mendorong perekonomian Bali dengan memberi pelayanan transportasi massal yang lebih efisien serta akses yang lebih mudah dan murah.

Selain ramah lingkungan, Gubernur Bali juga berharap transportasi publik bisa memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang serta memberikan lapangan pekerjaan kepada putra daerah. 

"Pengoperasian angkutan publik ini harus ramah lingkungan dan membuka lapangan pekerjaan bagi putra daerah," ujar I Wayan Koster.

Share :

Transjakarta Bersama Higher Uji Coba Bus Listrik dengan Rute Blok M - Balai Kota

Bus listrik merk Higer ini memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan bus konvensional.

Read More
Volvo Buses: Pengemudi Beri Respons Positif Terkait Sistem Bus Otonom

Volvo Buses berada di garis depan penelitian di bidang ini dan bekerja sama dengan akademisi dan mitra lainnya.

Read More
Ambil Bagian di IBE Driving Experimen 2021, Scania Beri Kesempatan Pelaku Usaha Jajal Bus

Scania melihat momentum IBE Driving Experience sebagai kesempatan emas untuk menunjukkan keandalan Scania kepada asosiasi perdagangan dan para pelaku industri.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler