Jakarta, Mobilkomersial.com - Kondisi pandemi dan penerapan PSBB seperti saat ini membuat terbatasnya aktivitas masyarakat dan menjadi lebih banyak berada di rumah.

Hal itu menjadikan mobil idle atau tidak digunakan yang berpotensi akan membuat aki mobil menjadi tekor atau ‘soak’ jika mesin mobil tak pernah dihidupkan. 

Memang usia pakai aki mobil kerap tidak dapat diprediksi, biasanya pemilik kendaraan akan menyadari ketika mobil tidak dapat dinyalakan karena aki mobil sudah lemah. 

Sebenarnya ketika aki mobil sudah menunjukkan tanda-tanda melemah ada beberapa hal yang kerap terjadi. Namun sekali lagi hal ini kerap diabaikan karena mobil masih bisa menyala saat distater. 

Menurut Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, perawatan aki merupakan hal yang terbilang mudah namun sering luput dilakukan. 

Baca juga : Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Untuk merawat kondisi aki, kata dia, selain pemeriksaan air aki, pengguna juga perlu menghidupkan kendaraan secara rutin minimal 5 menit setiap harinya. 

Namun ketika aki mobil sudah ‘soak’ atau tidak lagi mampu menghidupkan mesin dan kelistrikan pada mobil, maka solusi yang paling cepat adalah dengan melakukan jumper aki atau teknik mengalirkan listrik dari aki lain yang masih bagus, ke aki mobil yang bermasalah," ujarnya.

"Setidaknya dalam kondisi darurat, mobil masih dapat dihidupkan untuk menuju ke bengkel atau tempat yang dituju," lanjut dia. 

Hanya saja tidak sedikit masyarakat yang belum mengerti cara menjumper aki mobil yang tepat dan aman, berikut persiapannya.

Share :

Hadapi Musim Hujan, Simak Tips Dari Dunlop Atasi Ban Selip pada Mobil di Perjalanan

ebagai antisipasi, sebaiknya perlu mengetahui cara mengatasi ban selip pada mobil di tengah jalan

Read More
Jangan Takut, Simak Tips Mendongkrak Mobil Ala Accelera

mendongkrak tidak terlalu sulit, bahkan beberapa mobil memiliki titik dongkrak yang pas

Read More
Enam Hal yang Harus Dilakukan Saat Ban Mobil Pecah ala Dunlop

Ban mobil pecah dapat disebabkan oleh berbagai macam hal.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler