Jakarta, MobilKomersial.com - Saat berkendara di jalanan menanjak, ada risiko kecelakaan yang cukup tinggi lantaran gagal menanjak sehingga turun kembali. 

Ada juga kejadian pengemudi yang tidak berhasil menguasai mobilnya yang sedang menanjak sehingga mengakibatkan kecelakaan. 

Nah, sebenarnya bagaimana cara mengemudi yang aman dan nyaman bagi pengendara yang melewati jalan menanjak?

Melansir pernyataan tertulis Auto200, ada beberapa kiat untuk melalui jalan menanjak. Berikut pemaparan singkatnya.

Menjaga momentum

Kunci dari mengemudi mobil di rute mendaki adalah menjaga momentum kendaraan sehingga dapat melaju dengan mulus. Jaga emosi, fokus dan tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam yang bisa membuat pengendara kehilangan kendali mobil, terutama ketika menanjak di jalan yang licin akibat keadaan jalan yang kurang layak atau hujan. 

Namun, jangan pula terlalu santai yang membuat mobil kekurangan tenaga bahkan menyebabkannya tidak sanggup mendaki. Kenali karakter mobil yang dipakai untuk mendapatkan momentum yang pas.

Baca juga : Tips Berkendara Hadapi Aquaplaning saat Hujan

Optimalkan Transmisi Mobil

Walaupun mobil diperhitungkan sanggup melewati rintangan, sebaiknya posisi gigi transmisi diturunkan untuk memperoleh tambahan tenaga yang memadai. 

Usahakan supaya tidak menurunkan gigi di tengah rute pendakian agar mobil tidak kehilangan tenaga. Jika tanjakan landai dan panjang, Anda bisa menggunakan gigi 3, baik untuk mobil transmisi otomatis dan manual. 

Tapi jika tanjakan cukup curam, bisa memanfaatkan gigi 2, bahkan bisa diposisikan di gigi 1 atau L untuk transmisi otomatis jika dibutuhkan.

Share :

Ternyata Mudah! Begini Cara Membaca Kode di Ban Mobil

Pengetahuan yang cukup mendalam mengenai ban akan membuat pemilik kendaraan mengerti ban apa yang cocok untuk kendaraan yang ia gunakan. Karena, penggunaan harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui dan jenis kendaraan.

Read More
Ini Enam Keuntungan Perawatan Mobil Pakai Suku Cadang Asli

Pada saat konsumen melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, tentunya penggantian akan dilakukan menggunakan suku cadang asli.

Read More
Lakukan Trik ini Supaya Harga Jual Kembali Xpander Tetap Tinggi

Ketika membeli mobil baru, karakteristik konsumen di Indonesia umumnya memikirkan banyak hal sebelum memutuskan, salah satunya soal harga jual kembali mobil tersebut.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler