Yang menjadi perbedaan utama dari sistem sirkulasi Bio Smart pada bus ini adalah, setelah AC bus dinyalakan dan mulai mendinginkan kabin bus, udara akan dihisap di bagian bawah atau aliran bawah lebih vertikal. Aliran udara vertikal ini sendiri, mampu memantu meminimalisir terjadinya penyebaran virus antar penumpang yang berada di dalam kabin bus.

Udara yang dihisap tersebut, kemudian disalurkan melalui HEPA filter, UV C lamp yang berfungsi untuk menyaring partikel-partikel yang sangat kecil seperti virus, dan juga akan menguraikannya.

Kemudian untuk aspek pathogen atau agen penyebab sakit, pada bus ini sudah diaplikasikan pelapisan NANO Silver pada seluruh permukaan interior bus. Dimana melalui pelapisan NANO Silver tersebut berfungsi untuk menguraikan virus yang menempel pada setiap permukaan bus.

Baca Juga : PO ALS Rilis Lagi Unit Barunya, Gunakan Sasis MB 1626

Bersamaan dengan adanya HEPA Filter, UV C Lamp, dan NANO silver yang disematkan pada bus ini, jumlah virus atau viral load yang berada pada bus ini akan diminimalisir secara signifikan.

Pendekatan yang berikutnya adalah pemberian proteksi kepada para penumpang bus, dengan penggunaan masker yang bukan hanya sekedar masker, melainkan masker herbal, yang terbukti secara klinis dapat meningkatkan imun bagi para penggunanya.

Baca Juga : Melongok Mewahnya Bus Social Distancing dan Suites Class PO Handoyo

Untuk unit busnya sendiri, Karoseri Laksana kembali menjadikan armada milik PO Sumber Alam sebagai prototipe bus Bio Smart ini. Bus ini menggunakan sasis Hino RK8 yang dibalut bodi Legacy SR2 HD Prime S Series double glass. 

Karena bus ini merupakan prototipe, livery yang digunakan pun berbeda dari biasanya. Terdapat grafis berbentuk segitiga yang berada di bagian samping dengan warna biru, dan bus ini sendiri berkelir dominan putih. Lalu di kaca atas bagian depan ada stiker bertuliskan “Bio Smart Bus”.

 

(Denny)

Share :

Damri Operasikan 'Bus Kuning' di Kawasan UI, Mudahkan Mobilisasi Mahasiswa

Hadirnya bus di kawasan kampus tersebut tentunya merupakan salah satu peran Damri dalam memudahkan mahasiswa hingga para pengajar untuk melakukan mobilisasi dari satu tempat ke tempat lainnya di lingkungan UI.

Read More
Tiga Brand Karoseri Bus Hadir di GIIAS 2022, Ada Yang Baru Nih

GIIAS 2022 ini akan menjadi event yang akan ditunggu-tunggu oleh para pecinta bus atau yang akrab disapa Busmania.

Read More
Dukung Asean Para Games 2022, Damri Kerahkan Armada Terbaik di Solo

Dalam mendukung kelancaran perhelatan tersebut, Damri mengerahkan 3 unit armada yang terdiri dari 2 bus besar dan 1 bus sprinter. Untuk jadwal keberangkatan, Damri menyesuaikan kedatangan dari kontingen.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler