Jakarta, MobilKomersial.com - Beberapa waktu lalu, Damri merayakan ulang tahunnya yang ke-74, dan dalam perayaan ulang tahunnya tersebut, Damri juga melakukan serah terima bus baru. Bus yang baru diserah-terimakan tersebut dikabarkan pertama kali ada di Indonesia.

Ya, bus yang diserah terimakan Damri pada hari ulang tahunnya merupakan bus medium bermesin belakang, yang sempat ramai diperbincangkan para pecinta bus beberapa waktu lalu. 

Sebelumnya memang bocoran foto bus yang masih dalam tahap prototipe tersebut sempat tersebar di media sosial, dan menjadi perbincangan karena untuk pertama kalinya, bus medium bermesin belakang diproduksi. 

Baca Juga : Libur Panjang Akhir Tahun 2020, Damri Siapkan Ribuan Bus Sehat

Bus bertipe medium dengan mesin belakang tersebut unik dan berbeda jika dibandingkan bus ukuran medium lainnya, yang memiliki panjang sekitar 7-10 meter seperti Mitsubishi Fuso FE84, Isuzu NQR71, Hino FC 190 hingga Mercedes-Benz OF 917 yang bermesin depan.

Bus tersebut merupakan garapan produsen lokal PT Asian Auto Internasional (AAI) dari Bogor, Jawa Barat. Dan rencananya, akan diuji coba untuk mendukung kebutuhan angkutan di Jakarta.

Dari segi tampilan dan bentuk, bus dengan kode AAI BUS AB 816 ini memang tak jauh berbeda dari medium bus kebanyakan. Yang disayangkan dari segi tampilan adalah pada bagian kaca depan bus, yang  masih mengandalkan single glass di depan, belum double glass yang kini jadi trend.

Baca Juga : Garap Bus Listrik, Damri Lakukan Serah Terima Charger Station dari Spora Teknika

Selain itu, untuk tampilan, pada bagian belakang bus ini terdapat kisi udara yang biasanya sebagai ornamen saja, namun kini kisi tersebut kini menjadi lubang hawa, sebagai pembuangan hawa panas, sekaligus sebagai pendinginan mesin.

Share :

Mulai 5 Februari, Penumpang Bus Akan Dicek Alat Deteksi Covid-19 'GeNose'

Alat pendeteksi Covid-19 yang diinisiasi tim peneliti dari UGM ini sudah mendapatkan persetujuan edar dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19.

Read More
Damri Buka Trayek Wisata Pacitan, Segini Tarifnya

Guna mendongkrak Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Pacitan, Jawa Timur, Damri melakukan pengembangan transportasi darat.

Read More
Bicara Harga Bus-bus Double Decker di Indonesia

Dengan penampilan yang jangkung dan interior mewah pada bus double decker, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler