Jakarta, MobilKomersial.com - Mendekati akhir tahun, Perusahaan Otobus mulai kembali bergeliat, sambil mempersiapkan armadanya untuk liburan akhir tahun. Persiapan tersebut diantaranya adalah dengan menghadirkan unit terbaru, seperti yang dilakukan PO asal Sulawesi yakni Borlindo.

PO Borlindo baru saja merilis dua unit bus terbarunya dari karoseri New Armada. Dua bus ini menggunakan sasis Volvo B11R yang dibalut bodi Evolander SHD. 

PO Borlindo sendiri memang sudah sejak lama dikenal sebagai PO yang menggunakan sasis premium. 

Yang unik dari unit barunya ini, jika dilihat sekilas, bus dengan kelir putih dan livery biru dan putih ini terlihat lebih besar daripada biasanya. Tampilan yang terlihat besar ini sengaja dibuat sesuai pesanan khusus PO Borlindo.

Dilihat dari tampilan luarnya, terutama dari samping terlihat seperti bus yang sangat tinggi. Melihat bodi yang lebih tinggi lalu dengan bentuk kaca samping yang tipis, membuat kesan bus yang sangat besar.

Untuk bagian interior, bus ini menggunakan konfigurasi kursi Social Distancing 1-1-1 dan pakai leg rest. Total kursinya bisa 27 sampai 29 seat, serta pada bagian dalamnya tidak ada toilet. 

Selain itu, jika biasanya di bus Sumatera fungsi tameng ini untuk menghindari lemparan batu, berbeda dengan bus untuk di Pulau Sulawesi ini. Tameng yang digunakan hanya pada bagian atas.

Ya, memang fungsinya tameng atas ini hanya untuk melindungi kaca atas. Jalur Sulawesi Selatan kan lewat hutan, belum ada tol. Sengaja dibuat kecil biar pandangan penumpang ke depan tidak terganggu

Walaupun mengadopsi model double glass, pandangan ke depan tidak terhalang oleh pelindung kaca. Begitu juga sekat antara kaca atas dan bawah yang bentuknya tipis, membuat pandangan penumpang luas ke depan.

 

(Denny)

Share :

Bicara Harga Bus-bus Double Decker di Indonesia

Dengan penampilan yang jangkung dan interior mewah pada bus double decker, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Read More
Volvo Luncurkan Bus Tingkat 9700 DD, Siap Beroperasi di Kawasan Eropa

Volvo Buses akan meluncurkan generasi baru bus tingkat Volvo 9700 DD untuk pengoperasian di kawasan Eropa.

Read More
Tanggapan Operator Bus Soal Kenaikan Tarif Tol

Sejumlah ruas tol di wilayah Jawa telah mengalami kenaikan tarif yang berlaku sejak Minggu, 17 Januari 2021.

Read More