Jakarta, MobilKomersial.com - Piranti pada kendaraan yang wajib dirawat salah satunya adalah bagian pengereman, karena berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Terlebih lagi saat musim hujan seperti sekarang, di mana air hujan akan membawa kotoran debu dan pasir masuk ke bagian rem cakram kendaraan.

Kotoran yang ada di bagian rem cakram akan cepat menempel sehingga rem menjadi kurang pakem dan terdengar bunyi berdecit terutama saat pedal rem diinjak.

Selain mengganggu saat mengemudikan kendaraan, bunyi berdecit karena adanya kotoran dan debu jalanan pada sistem rem juga berpotensi merusak cakram.

Baca juga : Musim Hujan, Gunakan Cairan Wiper Ini Supaya Kaca Mobil Kinclong

Untuk membersihkan dan menghilangkan bunyi berdecit tersebut bisa dilakukan dengan cara membeli brake cleaner atau cairan pembersih rem yang tersedia di toko part kendaraan.

Anda bisa memakai Brake Cleaner dari Wealthy yang bisa dibeli di marketplace online seperti di Tokopedia atau Shopee.

Wealthy Brake Cleaner ini berfungsi untuk merontokkan kotoran-kotoran seperti minyak, gemuk, oli rem dan debu yang menempel pada permukaan kampas rem dan piringan cakram.

Untuk pemakaiannya Anda tinggal semportkan pada bagian kaliper rem yang kotor, lalu siram dengan air sampai kotoran terangkat semua atau bisa menggunakan kain bersih.

Untuk rem tromol Anda mesti membongkarnya terlebih dahulu sebelum bisa membersihkannya menggunakan brake cleaner.

Caranya, bagian tromol perlu dibuka terlebih dahulu dengan mengetuknya dengan palu secara perlahan, baru semprotkan brake cleaner untuk menghilangkan debu dan kotoran.

Lakukan 2-3 kali penyemprotan agar hasil maksimal. Sekarang ini ini wajib membersihkan rem cakram apalagi saat musim hujan harus dipersingkat," tutur CEO Wealthy Group, Arief Hidayat, Selasa (24/11/2020).

Share :

Tips Pasang Aksesori Pada Mobil Biar Tampil Makin Keren

Sebagai pemilik mobil, banyak hal yang dapat dilakukan untuk menyegarkan tampilan mobil agar terlihat berbeda, salah satunya adalah menggunakan aksesori.

Read More
Kendaraan Niaga Jadi Penyumbang Emisi Tertinggi, Berikut Tips Hemat BBM Ala Hankook

Hankook Tire mengajak pemilik kendaraan komersial seperti bus dan truk untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Read More
Ini Penting! Pemilik Kendaraan Harus Paham Kelebihan dan Kekurangan Ban Simetris

Ban seperti apa yang nyaman digunakan untuk aktivitas berkendara sehari-hari?

Read More
honda

Terkini

Terpopuler