Jakarta, MobilKomersial.com - Kabar tak sedap lagi-lagi muncul bagi para penggemar bus di Indonesia. Setelah sebelumnya diberitakan bus tingkat (double decker) milik PO Karina dari Lorena Group terbakar pada Sabtu (24/10/2020) lalu, kini bus milik PO Sinar Jaya juga mengalami nasib yang sama.

Dilansir dari akun Instagram Humas Jakfire, Bus milik PO Sinar Jaya dengan nopol AD 1422 EF tersebut dibertakan terbakar hebat pada Selasa (27/10/2020) dini hari, sekitar pukul 03.38 di Tol Jagorawi KM 15 (arah Bogor) Kel. Cibubur, Kec. Ciracas, Jakarta Timur.

Diketahui, bus tersebut sedang tidak mengangkut penumpang, dan hanya memuat 1 pengemudi dan 2 awak bus. Pihak Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta yang turun ke lapangan menyebut, dugaan sementara bus terbakar dikarenakan korsleting listrik.

Bus dengan bodi SHD garapan Karoseri Adiputro ini merupakan salah satu armada milik PO Sinar Jaya yang tergolong baru, dan melayani rute Jakarta – Wonogiri.

Kronologi kejadian berawal saat bus yang dikemudikan Veri Catur Haryono dan kernetnya melintas di KM 15 Tol Jagorawi, tiba-tiba terlihat asap dari tempat duduk paling belakang dan kemudian terjadi penyalaan api.

Baca juga : Mau Plesiran ke Yogyakarta, Lihat Info Operator Bus dan Harga Tiket dari Jakarta

Sesaat sebelum api berkobar membakar bus, seluruh awak bus dievakuasi keluar. Hingga tepat pukul 04.40 WIB api berhasil dipadamkan dan arus lalu lintas normal. Kerugian materi dari kejadian ini diperkirakan sekitar Rp500 juta.

Sebelumnya hal serupa juga terjadi pada unit bus Double Decker milik PO Karina. Bus tersebut terbakar di poolnya, yang berada di Cilandak Barat Kec. Cilandak Jakarta Selatan.

Bus yang terbakar merupakan jenis tronton Mercedes-Benz OC500 RF 2542 PO Karina yang melayani jurusan Jakarta ke Jawa Timur dan sebaliknya. Bodinya Jetbus 2 double decker garapan karoseri Adi Putro.

Ditengarai penyebab kebakaran juga sama dengan yang terjadi pada bus Sinar Jaya, yakni adanya korsleting arus listrik di bus. Kerugian yang dialami akibat terbakarnya bus Double Decker milik PO Karina diklaim mencapai Rp 3,5 miliar.

 

(Denny)

Share :

Bus Mungil Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di Sakai Jepang

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota.

Read More
Asyik, Halte Transjakarta Kini Disediakan Wifi Berkecepatan Tinggi

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Transjakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan saat transit di 13 koridor utama Transjakarta.

Read More
Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Sebagai salah satu pendukung dalam aktivitas masyarakat, Karoseri Laksana meluncurkan prototipe bus bio smart dengan menggunakan bus PO Sumber Alam

Read More