Jakarta, MobilKomersial.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa industri otomotif merupakan salah satu sektor yang memiliki peran cukup signifikan bagi perekonomian nasional. Hal tersebut diukur dari capaian nilai investasi maupun ekspornya.

Menperin juga menilai bahwa industri otomotif di Tanah Air memiliki potensi pengembangan yang besar, dan dapat dinilai dari angka kepemilikan kendaraan bermotor.

Di sisi lain, ia menilai kepemilikan kendaraan di Indonesia masih lebih rendah dibanding negara Tetangga, yakni sekitar 87 unit per 1.000 orang, sedangkan Malaysia telah mencapai 450 unit per 1.000 orang, dan di Thailand sudah mencapai 220 unit per 1.000 orang.

Menurut Agus, Indonesia adalah pasar terbesar di Asia. Tahun 2019, lebih dari 1 juta kendaraan dijual di dalam negeri, dan sebanyak 300 ribu telah diekspor ke seluruh dunia.

“Pemerintah mendorong agar pabrikan otomotif memanfaatkan hubungan antara Indonesia dengan negara-negara lain, seperti negara-negara di Afrika dan Australia dalam mengembangkan pasar,” terangnya.

Ia bertekad untuk terus mengambil kebijakan strategis dalam menekan dampak pandemik Covid-19 di industri otomotif di Tanah Air. Dengan melakukan koordinasi bersama para pemangku kepentingan terkait.

“Kami telah mengusulkan pemberian stimulus fiskal, nonfiskal, dan moneter untuk pelaku industri otomotif di dalam negeri supaya lebih bergairah menjalankan usahanya. Namun demikian, kami aktif mengingatkan kepada pelaku industri dalam menjalankan aktivitas produksinya tetap harus mematuhi aturan protokol kesehatan,” tegasnya.

Share :

Pertamina Hadirkan Pertashop ke-8 di Donggala Sulawesi Tengah

Pertamina sendiri menargetkan sebanyak 44 Pertashop akan hadir di Sulawesi pada tahun 2020 ini dan hingga berita ini diturunkan telah terealisasikan 33 titik.

Read More
HPM Adakan Program Sehat Bersama Honda Lewat Sosial Media

Kampanye Sehat Bersama Honda merupakan salah satu dari aktivitas digital terbaru dari Honda sebagai sarana menjalin komunikasi dengan konsumennya, khususnya melalui platform sosial media

Read More
Bosch Kenalkan Nexeed, Perangkat Lunak Industri 4.0 untuk Mendigitalkan Manufaktur

Bosch memperkenalkan Nexeed Industrial Application System, yang menggabungkan perangkat lunak dan layanan berbasis teknologi industri 4.0 serta pengalaman manufaktur

Read More
honda

Terkini

Terpopuler