Jakarta, MobilKomersial.com - Pemprov DKI Jakarta kembali memperketat aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan laju penambahan kasus positif virus corona sejak Senin (14/9) kemarin, berdampak pada volume lalu lintas di jalanan Ibu Kota serta volume penumpang pada terminal bus angkutan.

Setidaknya, terjadi penurunan volume kendaraan hingga 20 persen dalam tiga hari terakhir, terhitung sejak Senin (14/09/2020) hingga hari Kamis (17/09/2020) ini.

“Hasil koordinasi dari Menteri Perhubungan, dilihat dari kendaraan masuk sejak pagi. Dihitungnya dari pintu masuk tol saja ada sekitar 16-20 persen penurunan kendaraan yang masuk,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus.

Penurunan ini dinilai telah sejalan dengan tujuan penerapan PSBB ketat di Jakarta, yakni mengurangi mobilitas warga di luar rumah. Sehingga, ia berharap kebijakan ini dapat menekan pertumbuhan kasus corona di DKI, yang masih menunjukkan kenaikan signifikan.

Baca juga : Ingat! Sekarang Berkendara Wajib Pakai Masker, Ini Sanksinya jika Melanggar

Selain volume kendaraan yang menurun, juga terjadi penurunan penumpang di sejumlah terminal, yang berdampak pada sepinya penumpang bus AKAP.

“Termasuk contoh di Terminal Grogol, dari Asosiasi Terminal Grogol menyampaikan ada penurunan sekitar 75 persen penumpang di sana, termasuk kendaraan, karena memang sepi,” jelas Yusri.

Meskipun demikian, pemberlakuan PSBB ini sendiri merupakan salah satu upaya untuk menekan jumlah penderita covid-19. Diharapkan, setelah diberlakukannya kembali PSBB, jumlah penumpang bus dapat pulih kembali. 

“Ini salah satu upaya untuk memutus mata rantai (penularan COVID-19)” tutup Yusri.

PSBB di Jakarta berlangsung untuk kedua kalinya. Sebelumnya, PSBB berlaku pada April dan berakhir Juni lalu, kemudian memasuki masa PSBB Transisi.

Namun, sejak Agustus hingga awal September, kasus corona di Jakarta justru mengalami kenaikan signifikan. Bahkan, mengancam ketersediaan tempat tidur di rumah sakit yang semakin menipis. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun akhirnya memutuskan menarik rem darurat.

 

(Denny)

Share :

Dukung Mobilitas Jabodetabek, 6 Ruas Tol Baru Ini Siap Dioperasikan Akhir Tahun Nanti

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama badan usaha jalan tol terus mempercepat penyelesaikan pembangunan ruas-ruas tol baru pada kawasan metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi)

Read More
Kepolisian Siapkan Contra Flow Hingga One Way, Antisipasi Macet Libur Panjang

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalin sistem contra flow hingga one way di ruas tol untuk mengantisipasi kemacetan saat libur panjang

Read More
Nissan Umumkan Dua Finalis Kompetisi Medsos 'Destinasi Kicks e-Power Penuh Sensasi'

Dua netizen telah diumumkan sebagai finalis dari kompetisi di media sosial Nissan Indonesia, “Destinasi Kicks e-POWER Penuh Sensasi”

Read More
honda

Terkini

Terpopuler