Jakarta, MobilKomersial.com - Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan trayek ke daerah Sumatera dikenal memiliki sejumlah pemain seperti Perusahaan Otobus (PO) ALS, ANS dan NPM.

Selain tiga nama PO tersebut, masih ada sejumlah PO yang sudah lama menjadi moda transportasi masyarakat Sumatera, salah satunya PO Gumarang Jaya yang sudah eksis dari 1993.

Operator bus yang satu manajemen dengan PO Lampung Jaya ini adalah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Lampung. 

Pada masa jayanya, PO Gumarang Jaya dicap menjadi salah satu PO terbesar di Sumatera dan terbesar di Lampung yang masih beroperasi hingga kini.

Baca juga : PO Gumarang Jaya Buka Rute Pasaman ke Ponorogo

Nama Gumarang sendiri berasal dari nama seekor kuda dalam cerita Cindua Mato, sebuah legenda dari Minangkabau.

Pada puncak masa keemasannya, PO Gumarang Jaya melayani jaringan trayek dari pulau Sumatera ke berbagai jurusan di pulau Jawa. 

Rentang trayek Gumarang Jaya terbentang mulai dari Padang, Bukittinggi, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera hingga Jakarta, Pati dan Solo di pulau Jawa.

Pada masa jaya angkutan penumpang bus jarak jauh dari akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an, beberapa PO di Sumatera berkembang menjadi besar. 

Simak juga : Kemenhub Siapkan Konektivitas Rute Trans Musi yang Akan Beroperasi di Palembang

Di antara ratusan PO itu, PO Gumarang Jaya (Lampung) masuk ke dalam nama tersebut bersama Fa. PMTOH (Aceh), PO ALS (Sumatera Utara), serta PO ANS dan PO NPM (Sumatera Barat).

Mereka mendominasi jalan raya lintas Sumatera baik lintas tengah maupun lintas timur.

Operator yang berkantor pusat di Tanjung Karang, Lampung ini pada tahun 2015 pernah mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement di bidang angkutan jalan dari Kementerian Perhubungan.

Dan berita terakhir, operator bus ini buka trayek baru Pasaman - Ponorogo.

Share :

Dukung Pemulihan Kawasan Wisata, Damri Kembangkan Rute Baru di Yogyakarta

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan diberikan amanah menjalankan Program pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yang digaungkan pemerintah sebagai lokasi wisata unggulan atau

Read More
Bus Anyar Klub Sepakbola Intermilan Sematkan Kamera Khusus untuk Bikin Konten

Bus terbaru yang dipasok bersama Air Pullman ini sudah digunakan pertama kali untuk pertandingan UEFA Champions League di San Siro.

Read More
Dukung KSPN, Damri Resmi Operasikan Angkutan Wisata Trayek Batu – Bromo Malang

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan resmi melayani rute angkutan wisata Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) rute Batu menuju Bromo

Read More
honda

Terkini

Terpopuler