Jakarta, MobilKomersial.com - Pada Februari 2020 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan model Low Sport Utility Vehicle (LSUV) terbarunya, XL7.

Dibangun dari basis rancang HEARTECT, platform yang sama seperti yang digunakan All New Ertiga, Ignis, dan juga Baleno, mobil ini langsung mencuri perhatian dengan tampilan desain eksterior yang tangguh, interior menawan dan berbagai fitur mumpuni.

Nah, di tengah masa New Normal ini, Mobilkomersial.com diberi kesempatan untuk menjajal performa dan ketangguhan dari pesaing BRV dan Xpander Cross ini.

Untuk unit tes yang kami coba adalah Suzuki XL7 varian Alpha bertransmisi matik, yang dijual sebesar Rp 269 juta untuk on the road (OTR) DKI Jakarta (sesuai dari website resmi Suzuki per September 2020).

Baca juga : Layanan Home Test Drive Suzuki Diminati Selama Pandemi, XL7 Jadi Primadona

Bagaimana rasanya menjajal mobil ini? berikut ini beberapa poin menarik yang ditawarkan Suzuki XL7 varian Alpha transmisi matik.

 

Eksterior

Secara dimensi, mobil pesaing dari pesaing BRV dan Xpander Cross ini memiliki postur lebih bongsor dengan panjang 4.450 mm (bertambah 55 mm), lebar 1.775 mm (bertambah 45 mm), dan tinggi 1.710 mm dengan wheelbase 2.740 mm dan ground clearence 200 mm (bertambah 20 mm). 

Meski lebih jangkung dari saudaranya, namun mobil yang dirakit secara lokal di pabrik Suzuki Cikarang ini tidak terasa limbung saat dikendarai, dan juga bagian suspensi cukup nyaman.

Simak juga : Permintaan Ekspor Suzuki XL7 Meningkat di Masa Pandemi Covid-19

Saat melewati jalan yang agak rusak atau bergelombang, performa suspensinya masih terasa cukup nyaman walau sedikit bumpy tapi tidak terlalu mengganggu selama perjalanan.

Jadi, Suzuki XL7 memang pantas disebut mobil untuk segala medan, selain posisi mobil yang tinggi, juga berkat penggunaan pelek 16 inci dan bumper depan dan belakang yang lebih besar sehingga terlihat tangguh.

Selain itu, pengendara juga akan semakin percaya diri karena wajah baru Suzuki XL7 seperti tampilan grill baru beserta bentuk lampu utama yang sudah LED , roof rail dan over fender hitam, serta spoiler belakang sehingga menjadikan mobil ini bergaya sporty.

 

Mesin dan Performa

Suzuki XL7 menggendong mesin K15B, mesin  sanggup menghemburkan tenaga maksimal 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 NM pada 4.400 rpm, sehingga lebih bertenaga.

Untuk urusan tenaga, Suzuki XL7 menggunakan mesin yang sama dengan All New Ertiga yaitu K15B berkapasitas 1.462 cc yang sanggup menyemburkan tenaga maksimal 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 138 NM pada 4.400 rpm.

Secara umum XL7 memang masih menawarkan rasa berkendara yang sama dengan Ertiga, namun mobil ini cukup responsif mulai dari putaran bawah sehingga terasa mudah diajak bermanuver dan juga setirnya cukup ringan.

 

Share :

Bergaya Sekaligus Amal, Vespa Primavera (RED) Dirilis Terbatas

Bekerjasama dengan (RED), Vespa Primavera special edition (RED) dirilis dengan jumlah terbatas

Read More
Mitsubishi Xpander Black Edition Dijual Hanya 1.000 Unit, Apa Istimewanya?

Model ini dibangun dari basis Xpander Exceed dan dijual terbatas hanya 1.000 unit.

Read More
Diam-diam, Penjualan Suzuki Karimun Wagon R Naik 215% pada September 2020

Penjualan Karimun Wagon R di semester kedua tahun ini memang merangkak naik untuk segmen fleet.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler