Jakarta, MobilKomersial.com - Nissan Kicks E-Power yang baru saja meluncur di Indonesia, bisa menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat yang ingin memiliki mobil listrik. Bisa dibilang, mobil baru Nissan ini sama dengan hybrid, walaupun sistem penggeraknya berbeda.

Terdapat banyak keunggulan yang dimiliki Nissan Kicks E-Power, mulai dari teknologi yang mungkin sudah lazim digunakan pada kendaraan lain, ataupun teknologi baru yang hanya terdapat pada Nissan. 

Ada tiga teknologi dari Nissan Kicks E-Power yang disebut-sebut menjadi kelebihan dan fitur canggih yang dimiliki mobil ini, apa saja?

1. E-Power

E-Power merupakan konfigurasi sistem penggerak yang sangat berbeda dengan mobil hybrid biasa. Penggerak roda ini menggunakan motor seperti mobil listrik, tetapi sumber tenaganya masih menggunakan bahan bakar fosil.

Hal tersebut berarti, roda mobil ini tidak digerakkan langsung oleh mesin yang ada di balik kap mobil. Mesin hanya penghasil energi listrik yang disimpan ke baterai. Bisa dikatakan ini adalah mobil listrik, dapat melakukan pengisian dayanya sendiri, atau bahkan sekaligus membawa stasiun pengisian daya.

E-POWER terdiri dari baterai output tinggi dan powertrain yang terintegrasi dengan mesin bensin, generator listrik, inverter dan motor. Dalam sistem hibrida konvensional, roda digerakkan oleh motor listrik dan mesin bensin. Namun, dalam sistem E-POWER, mesin bensin tidak terhubung ke roda; itu hanya mengisi baterai Nissan Kicks E-Power tidak seperti mobil listrik penuh yang hanya mengandalkan baterai, masih ada mesin di dalamnya.

2. One Pedal

Nissan Kicks bertransmisi otomatis masih memiliki dua pedal yang masing-masing berfungsi untuk akselerasi dan pengereman. Namun, pengemudi dapat beralih ke mode satu pedal di mana hanya pedal gas yang digunakan.

Saat pengemudi menggunakan mode ini, pengereman dapat dilakukan hanya dengan melepaskan tekanan pada pedal gas. Menggunakan mode ini saat ingin berbelok atau melewati kemacetan, tentunya sangat memudahkan bagi pengguna bahkan lebih santai dari mengendarai mobil matik biasanya.

Baca juga : Nissan Kicks e-POWER Meluncur di Indonesia, Harga di Bawah Rp 450 Juta

3. Intelligent Cruise Control

Intelligent Cruise Control (ICC) merupakan fitur keselamatan dan keamanan mobil saat berkendara. Mobil akan menjaga jarak dengan mobil di depan dan secara otomatis mengendalikan akselerasi dan deselerasi dari Nissan Kicks.

Ketika mobil di depan melambat, maka mobil akan mengurangi kecepatan. Batasan kecepatan akan dibuka kembali ketika mobil di depan telah menambah kecepatannya pula.

Jika kendaraan di depan berhenti, Nissan Kicks E-Power juga akan berhenti, dan sistem ICC akan berakhir jika mobil di depan sudah berhenti lebih dari 3 detik. 

Apabila sistem tidak dapat sepenuhnya memperlambat kendaraan karena kendaraan di depan melakukan pengereman mendadak, sistem ICC memperingatkan pengemudi dengan peringatan suara dan tampilan di layar indikator.

 

(Denny)

Share :

Berikut Pembaruan Van Renault New Trafic, Mulai Dipasarkan pada Akhir 2021

Van medium dengan wajah terbaru ini bakal dipasarkan di Eropa pada akhir 2021.

Read More
New MG ZS Mulai Masuk Pasar Indonesia, Eksterior-Interior Stylish Jadi Andalan

Pembaruan SUV New MG ZS dapat dilihat dari sisi desain interior dan eksteriornya yang nampak stylish.

Read More
Van Listrik MAN eTGE Jadi Kendaraan Resmi FC Bayern Munich, Berikut Keunggulannya

Kendaraan komersial berkapasitas delapan penumpang ini juga digunakan untuk perjalanan ke pusat pelatihan di selatan Munich dan Allianz Arena serta pusat pelatihan pemuda di utara kota.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler