Jakarta, MobilKomersial.com - Salah satu pesawat pertama buatan Indonesia, N250 Gatotkaca yang dikenalkan pada 1995 akhirnya purna tugas di bulan Agustus 2020 ini. Dianggap sebagai salah satu saksi sejarah, pesawat ini dimuseumkan di Museum Pusat Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta.

Beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial, tentang sebuah pesawat yang berada di tol Semarang. Pesawat tersebut adalah N250 Gatotkaca ini. Meskipun ada pula masyarakat yang justru memberikan informasi salah mengenai alasan keberadaan pesawat tersebut di tol Semarang.

Memang, pesawat N250 ini dibawa dari hanggar PT Dirgantara Indonesia di Bandung, menuju ke Yogyakarta dengan diangkut truk trailer, dan melalui perjalanan darat via tol Trans Jawa. Sejumlah masyarakat pun ramai mengabadikan proses perjalanan pesawat N250 ini hingga tiba di Yogyakarta.

Selain perjalanan pesawat tersebut, yang menarik adalah truk trailer pengangkut bodi utama pesawat. Banyak yang mengira bahwa truk tractor head yang mengangkut pesawat N250 adalah buatan eropa, namun ternyata dugaan tersebut salah.

Truk yang digunakan adalah truk heavy duty Hino Profia 700. Tentunya Profia 700 yang digunakan tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi pengangkut heavy duty, yakni tipe SS1E TH. Truk berpenggerak 6x4 ini dirancang untuk mengangkut trailer tangki panjang, kontainer 40 kaki, serta angkutan kendaraan dan low bed.

Profia 700 SS1E TH memiliki mesin 12.913 cc diesel E13C-VT dengan tenaga 474 dk, dan torsi melimpah hingga 2.157 Nm. Transmisinya mencapai 18-percepatan dari Eaton. Dengan spek tersebut, Profia 700 SS1E TH sudah setara truk-truk heavy duty Eropa, dan memiliki kemampuan mumpuni untuk menarik beban sekelas bodi pesawat terbang.

 

(Denny)

Share :

Ini Alasan Mercedes-Benz Arocs 8x2 Jadi Pilihan Perusahaan Pengelola Limbah

Berikut spesifikasi Mercedes Benz Arocs

Read More
Renault Luncurkan D Wide Z.E, Simak Keunggulan Truk Pengangkut Sampah Ini

Renault luncurkan D Wide Z.E, truk urban baru dengan kabin yang telah diperluas.

Read More
Pemasok Listrik di Selandia Baru Jajal Keandalan eCanter di Auckland

MFTBC resmi meluncurkan eCanter di Selandia Baru

Read More