Jakarta, MobilKomersial.com - Karena dimensi panjang serta tinggi bus yang berbeda, sejumlah PO bus lintas Sumatera banyak yang tidak berani mengoperasikan bus Double Decker untuk digunakan dalam perjalanan hariannya. Namun, beberapa hari belakangan sempat viral di media sosial, terlihat bus Double Decker melintas di jalan lintas Sumatera.

Bus Double Decker tersebut merupakan milik PO Pelita Paradep dari Medan, Sumatra Utara. Kehadiran bus tersebut dalam rangka jalan-jalan keluarga pemilik perusahaan otobus untuk berkeliling Sumatra Barat.

Karena merupakan kejadian langka dan sejarah, membuat banyak video yang memviralkan bus ini saat perlahan menuruni tikungan Panorama 1, Sitinjau Lauik yang tajam. Selain itu, video saat bus berbodi tinggi dan panjang itu menanjak dengan lancar juga tak luput dari perhatian.

Bus yang dipakai oleh Pelita Paradep menggunakan sasis tronton MAN R37, dengan bodi full almunium hasil produksi karoseri Nusantara Gemilang. MAN R37 sendiri diketahui memiliki mesin dengan kapasitas silinder 12.400 cc bertransmisi Tipmatic dan memiliki tenaga 430 PS.

Oleh banyak orang, jalur menuju kota Padang yang melalui perbukitan Sitinjau Lauik dianggap mustahil untuk dilalui bus tingkat. Ini karena tingkat elevasi dan tikungan tajamnya yang kerap menyulitkan bus berbodi tinggi dan panjang seperti bus double decker.

Meski demikian, bukan berarti bus tipe tronton dengan kabin tinggi tak sanggup memasuki Padang. Salah satunya armada reguler milik PO SAN dengan rute Padang-Bengkulu yang bersasis Scania K410IB dengan bodi Legacy SR-2 XHD, yang mampu melewati sejumlah jalan ekstrim di lintas Sumatera.

 

(Denny)

Share :

Bus Neoplan Cityliner Buatan MAN Raih Penghargaan Sebagai Bus 'Coach of the Year 2022'

Man rilis Bus High-Decker Coach edisi Platinum

Read More
Cahaya Bone Tambah Dua Armada Big Bus, Tingkatkan Layanan Perjalanan Pariwisata

Cahaya Bone terus tingkatkan layanannya dengan melakukan penambahan armada

Read More
Volvo Luncurkan Sleeper Bus Baru Antar Kota

Platform Baru VECV Untuk Sleeper Bus Khusus Layanan Antar Kota

Read More
honda

Terkini

Terpopuler