Jakarta, MobilKomersial.com - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan terus menyediakan layanan bus gratis bagi pengguna kereta rel listrik (KRL) hingga akhir tahun ini.

Kepala BPTJ Polana B. Pramesti mengatakan bahwa langkah ini untuk mengatasi penumpukan penumpang KRL yang biasanya terjadi di sejumlah stasiun.

"Langkah ini terutama untuk mengakomodir kelompok masyarakat yang sangat bergantung pada KRL karena kemampuan finansial yang terbatas, manakala mereka tidak tertampung sarana KRL karena keharusan penegakan protokol kesehatan," kata Polana dalam pernyataan resminya, Senin (3/8/2020).

Kendati begitu, layanan bus gratis ini nantinya akan dikurangi secara bertahap dengan tetap mempertimbangkan dinamika kondisi yang terjadi setiap saat.

Sebelumnya, sejak Mei lalu, pemerintah berupaya mengatasi penumpukan penumpang KRL dengan menyediakan bus gratis setiap Jumat sore dan Senin pagi.

Baca juga : Ganjil Genap Mulai Berlaku, TransJakarta Tambah Armada Antisipasi Lonjakan Penumpang

Kebijakan ini pun dievaluasi agar didapatkan solusi yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah yang sama.

Polana juga menyebutkan dari hasil evaluasi didapatkan peta karakteristik pengguna KRL cukup beragam, yakni mulai dari kalangan status sosial ekonomi bawah hingga menengah.

Pengguna dengan status sosial ekonomi bawah memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap sarana transportasi KRL karena harga tiket yang terjangkau. 

Sementara, terdapat pengguna KRL dari kalangan status sosial menengah yang mau dan mampu memanfaatkan layanan komuter selain KRL dengan harga tiket yang lebih tinggi, asal sesuai dengan pelayanan yang diberikan.

Melihat karakteristik ini, maka kebijakan yang diambil harus mampu mengakomodir kondisi dan kepentingan seluruh pihak, namun protokol kesehatan tetap harus ditetapkan.

Selain tetap menyediakan layanan bus gratis bagi pengguna KRL, kebijakan lain yang ditetapkan untuk mengatasi penumpukan penumpang KRL adalah menyediakan dan meningkatkan layanan bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion), dan menata angkot terintegrasi dengan Transjabodetabek.

Share :

Diam-diam PO Bagong Punya Bus Social Distancing, Begini Rupanya

PO Bagong diam-diam ternyata juga memiliki bus social distancing, namun dengan unit bus medium

Read More
Inovasi di Masa Pandemi, Ini 4 Karoseri yang Bikin Bus Social Distancing

Banyak perusahaan penyedia transportasi khususnya karoseri pembuat bus harus memutar otak agar tetap bisa bertahan dengan melakukan inovasi terbaru.

Read More
Damri Resmi Layani Rute Baru, dari Terminal Palbapang ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA)

Sejak hari Kamis (17/09/2020) lalu, Damri Yogyakarta sendiri telah resmi melayani rute Terminal Palbapang, Bantul menuju Yogyakarta Internasional Airport (YIA)

Read More
honda

Terkini

Terpopuler