Jakarta, MobilKomersial.com –  Bus listrik Transjakarta resmi diuji coba mengangkut penumpang di jalanan Ibu Kota sejak Senin (6/7/2020) kemarin.

Sebanyak dua unit bus listrik yang diberi nama EV1 akan diuji coba secara gratis selama tiga bulan dengan melayani rute Balai Kota - Blok M.

Kepala Divisi Teknik dan Manajemen Operasi PT Transportasi Jakarta, Eri Riawan mengatakan, bus ini sudah melewati beberapa proses untuk mendapatkan kelengkapan legalitas hingga memiliki BPKB dan STNK.

"Sebelumnya bus ini sudah wira wiri terutama di daerah-daerah tertutup seperti Monas, Taman Mini, Ancol, bedanya dulu masih pelat putih belum memiliki legalitas penuh," ujar Eri saat peluncuran, Senin (6/7/2020).

Baca juga : Transjakarta Mulai Uji Coba Bus Listrik Rute Balai Kota - Blok M, 3 Bulan Gratis

PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD di Indonesia membawa dua unit bus dengan spesifikasi berbeda, yakni satu unit dengan model bus single low entry tipe K9 dan satu lagi bus medium tipe C6.

Untuk model single low entry tipe K9, bus ini dipersenjatai oleh motor listrik tipe AC Synchronous Motor dengan tenaga maksimum mencapai 300 kW dan torsi maksimum 1.100 Nm.

Tenaga listrik disimpan dalam baterai BYD Iron-Phosphate yang memiliki kapasitas 324 kWh dengan proses pengecasan sekitar 4-5 jam. 

Share :

Damri Tambah Layanan JRC dari Bekasi

Mulai hari Selasa (11/08/2020) lalu, Damri resmi melayani rute JRC Kemang Pratama Bekasi - Stasiun Gambir Jakarta pp (via Komdak, Jenderal Sudirman dan Thamrin City), sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat sek

Read More
Sepi Peminat, BPTJ Akan Hentikan Bus Gratis dari Stasiun Bogor

Penyediaan bus gratis bagi pengguna kereta rel litrik (KRL) di Stasiun Bogor rencananya akan dihentikan karena peminatnya cenderung menurun.

Read More
Daimler Bersama Karoseri Adi Putro Ajak Bismania Ikut Kompetisi Desain Bus Impian

Kompetisi desain bus dari DCVI dan Adi Putro ini bertajuk #MBCVChallenge dan #KreasiBusImpian

Read More