Untuk memulai menjadi pembalap reli, bisa langsung melangkah dari gokart sejak dini. Karena reli sendiri sudah ada kelas yang standar, Rifat mengakui jika kelas ini diadakan agar ada regenerasi di dunia balap reli.

“Dari gokart bisa lompat ke reli. Kalau reli, tidak perlu pakai mobil 4WD. Di reli itu paling enak mulainya di kelas F1, yaitu sedan 1.500 cc yang mobilnya bisa di upgrade dari mobil-mobil bekas balap ISSOM. Karena di ISSOM itu tiap 3 atau 5 tahun sekali itu mobilnya ganti, ada 20 mobil selesai karena ganti muka, ganti model,” ujar pembalap yang juga suami dari aktris Sissy Priscilia ini.

Rifat menjelaskan untuk bisa ikut di ajang balap reli F1 bisa menggunakan mobil bekas balap ISSOM karena spesifikasi mesin dan girboks dan lainya sudah sama.

“Jadi bisa dapat mobil balap dengan harga murah tapi kompetitif. Modal awal yang perlu dikeluarkan untuk mobil sekitar Rp 150 sampai Rp 200 jutaan,” ungkap pria yang juga Ketua Komisi Rally IMI Pusat ini.

Jangan lewatkan : Mitsubishi L300 dan Xpander Jadi Kendaraan Terbaik Pilihan Masyarakat Solo

Dalam proses menjadi pembalap tentu harus ada target. Rifat pun membeberkan kalau seorang pembalap itu juga berpacu dengan umur dan jangan sampai terjadi penurunan prestasi di tahun berikutnya. Karena jika sudah mencapai usia 30 tahun untuk bisa kompetitif di ajang balap apapun jenisnya akan sulit.

Satu yang pasti Rifat juga terus ingatkan, sebagai seorang pembalap harus tetap disiplin dan menghargai setiap barang serta peralatan balapnya sendiri. Semua peralatan harus dibawa dan dirapikan sendiri.

“Kalau kamu bisa menghargai barang-barang kamu sendiri, maka kamu pasti akan bisa menghargai prestasimu.”

Share :

Pekerjaan Jalan di Tol Japek Kembali Dilanjutkan Mulai Hari ini

PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) akan kembali melanjutkan pekerjaan, berupa pemasangan gelagar jembatan

Read More
Mitsubishi Hadirkan Program Perpanjangan Paket Smart untuk Xpander, Lihat Keuntungannya

Program ini ditujukan bagi konsumen yang memiliki mobil Xpander yang sudah memasuki tahun ketiga.

Read More
Hari Perhubungan Nasional, Transjakarta Tambah Fasilitas dengan Lengkapi Masker dan Wastafel Portable Khusus Disabilitas

Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada hari Kamis (17/09/2020) lalu, PT Transjakarta menyiapkan beberapa layanan yang dikhususkan bagi pelanggan disabilitas

Read More
honda

Terkini

Terpopuler