Jakarta, MobilKomersial.com - Masyarakat mulai kembali beraktivitas di masa new normal, meskipun penerapan protokol kesehatan juga menjadi perhatian khusus. Pada masa ini, penggunaan transportasi antar kota antar propinsi seperti bus AKAP, menjadi pilihan yang dicari masyarakat.

Pada pelaksanaannya di lapangan, penerapan social dan physical distancing juga tetap harus dijalankan di dalam bus. Agar dapat memudahkan aktivitas dan penerapan physical distancing tersebut, PO Sumber Alam merilis armada barunya, dengan konfigurasi tempat duduk 1-1-1 yang pastinya memiliki jarak dan menerapkan physical distancing.

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali, saat dihubungi MobilKomersial.com mengatakan, dibuatnya bus dengan konfigurasi kursi yang berbeda ini merupakan ide dari pihaknya, yang kemudian “digodok” bersama dengan pihak Karoseri Laksana. 

“Pilihan kami Laksana karena memang sudah langganan, dan kami lihat Laksana termasuk yang paling cepat melihat peluang dan menyediakan solusi, sehingga mendukung PO untuk membuat inovasi pada bus ini,” ujar Anthony, Minggu (5/7/2020).

Dirinya juga menceritakan, proses pembuatan bus dimulai dari bulan April, yang kemudian ada gagasan untuk mengubah konfigurasi kursi penumpang dan penambahan HEPA Filter, serta lampu UV.

Selama proses tersebut, pihak Karoseri Laksana juga melakukan riset, untuk menerapkan jarak serta penempatan elemen tambahan, agar bus dapat maksimal dipergunakan saat new normal.

Anthony juga menyebut, baru hanya satu bus yang menggunakan konfigurasi tempat duduk ini, karena masih prototype, sambil juga mengetes pasar, untuk mengetahui minat masyarakat.

“Kami berharap sambutan masyarakat baik ya, artinya banyak yang ingin bepergian dan kami siap mendukung. Karena dengan bus ini, kapasitas maksimal terisi, dan social distancing tetap diterapkan,” tutur Anthony.

Pihak Laksana sendiri melalui akun Instagram resminya memperkenalkan bus Legacy SR2 #SocialDistancingBus, dengan konfigurasi tempat duduk 1-1-1 dan terdapat HEPA filter (air purifier) yang dapat menyaring udara, serta sinar UV yang dapat mendeteksi suhu tubuh manusia.

 

(Denny)

Share :

Damri Tambah Layanan JRC dari Bekasi

Mulai hari Selasa (11/08/2020) lalu, Damri resmi melayani rute JRC Kemang Pratama Bekasi - Stasiun Gambir Jakarta pp (via Komdak, Jenderal Sudirman dan Thamrin City), sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat sek

Read More
Sepi Peminat, BPTJ Akan Hentikan Bus Gratis dari Stasiun Bogor

Penyediaan bus gratis bagi pengguna kereta rel litrik (KRL) di Stasiun Bogor rencananya akan dihentikan karena peminatnya cenderung menurun.

Read More
Daimler Bersama Karoseri Adi Putro Ajak Bismania Ikut Kompetisi Desain Bus Impian

Kompetisi desain bus dari DCVI dan Adi Putro ini bertajuk #MBCVChallenge dan #KreasiBusImpian

Read More