Jakarta, MobilKomersial.com - Setelah adanya masa PSBB atau pembatasan sosial berskala besar, kini masyarakat Indonesia bersiap untuk transisi ke era kehidupan baru atau new normal. 

Untuk itu perlu dilakukan berbagai persiapan, baik dari kesehatan diri sendiri maupun kondisi kendaraan yang harus tetap prima untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Ketika mobil lama di parkir di rumah saja, maka sebelum kembali digunakan Anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu, utamanya adalah mengecek kondisi baterai atau aki mobil dan juga kondisi oli mesin.

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan apalagi tidak pernah dinyalakan sama sekali akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter. 

Baca juga : Jangan Sembarangan Bersihkan Ruang Bakar, Ini yang Baik Bagi Mesin Kendaraan

Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Department Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menjelaskan, jika oli terlalu lama mengendap di bagian bawah mesin maka fungsinya sebagai pelumas akan berkurang. 

Jika begitu maka dampaknya akan terasa saat mesin dinyalakan, komponen saling bergesekan tanpa adanya perlindungan dari oli.

“Jika mobil terlanjur hanya parkir lama dan jarang dinyalakan, sebaiknya mengganti oli mesin terlebih dahulu. Masalah ini sebenarnya bisa dicegah dengan rutin memanaskan mobil 3 hari sekali, tujuannya untuk menjaga sirkulasi oli di dalam mesin," ungkap Boediarto.

Share :

Cara Aman Membawa Sepeda di Mobil versi Rifat Sungkar

Sebenarnya ada banyak cara untuk membawa sepeda dengan mobil, bisa di dalam kabin, di belakang mobil, di bagasi atau bahkan di atas mobil.

Read More
Kiat Suzuki Agar Terhindar dari Mobil Terbakar

Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba.

Read More
Sebelum Pakai Minyak Rem, Cek Dulu Kandungannya Biar Gak Salah Pilih

Hanya saja memilih minyak rem bagi sebagian pemilik kendaraan sangat membingungkan lantaran banyaknya merek yang tersedia di pasaran.

Read More