Jakarta, MobilKomersial.com - Memasuki masa new normal, sejumlah perkantoran dan kegiatan di Jakarta mulai beraktifitas kembali. Berdasarkan pantauan akun twitter @tmcpoldametro, sejumlah ruas jalan di Jakarta sudah mengalami kepadatan, terutama di waktu pagi dan sore hari. Meskipun demikian, peraturan ganjil genap untuk kendaraan pribadi di sejumlah ruas jalan masih belum diberlakukan.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya memiliki alasan tersendiri, terkait ditundanya aktivasi sistem ganjil genap, yaitu demi menjaga protokol kesehatan physical distancing di dalam kendaraan umum.

“Tentu pemerintah bersama Ditlantas Polda Metro Jaya kita akan mengkaji, karena apa? Karena kita kan berupaya supaya tetap menjaga physical distancing di kendaraan umum ya,” tutur Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, Rabu (01/07/2020) kemarin.

Selain itu, Dirlantas juga mengatakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga belum memberikan instruksi untuk mengaktifkan kembali sistem ganjil genap.

Baca juga : Ganjil-Genap untuk Motor Masih Dikaji

Dirlantas menambahkan apabila sistem ganjil genap kembali diaktifkan di masa PSBB transisi, dikhawatirkan penumpang angkutan umum akan membeludak.

“Kalau misal kita aktifkan ganjil genap, maka misal hari ini tanggal ganjil, penumpang pemilik kendaraan genap tentu dia akan mengalihkan ke angkutan umum, jadi takutnya nanti justru physical distancing di dalam angkutan umum tidak terjaga,” ujarnya.

Meski volume kendaraan di jalanan ibu kota hampir mencapai volume normal, Sambodo mengatakan sistem ganjil genap belum diperlukan, lantaran adanya surat edaran gugus tugas percepatan penanganan Covid-19, terkait pembagian jam masuk kantor, yang cukup membantu mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

“Surat edaran dari satuan gugus tugas yang menyatakan bahwa ada pembagian jam masuk kantor jam 7.00 WIB dan jam 10.00 WIB, ini saya rasa cukup membantu terutama bagi penumpang angkutan umum yang setiap pagi komuter bergerak dari arah Bodetabek masuk Jakarta,” tukasnya.



(Denny)

Share :

Land Rover Defender Kalah Hak Cipta Dengan Ineos Grenadier di Pengadilan

Jaguar Land Rover (JLR) secara resmi kalah banding di pengadilan Inggris, untuk mengamankan hak paten dari desain bodi Defender 4x4 lawasnya, yang akhirnya jatuh ke perusahaan kimia Ineos yang memproduksi Grenadier.

Read More
Melongok Extension Negative Battery, Fitur Canggih di SUV Peugeot

Extension Negative Battery atau Grounding Cable terdapat pada Peugeot 3008 dan 5008 tipe GT Line juga Allure Plus

Read More
Pertamina Hadirkan Satu Unit Pertashop di Pino Raya, Bengkulu

Pertashop yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bekerja sama dengan Mitra tersebut, menyediakan bahan bakar berkualitas yakni Pertamax dan Dexlite, berkapasitas 3.000 liter.

Read More