Jakarta, MobilKomersial.com - Hyundai Motor Company memperkenalkan County Electric untuk pasar Korea Selatan. Minibus yang menggunakan listrik ini diklaim mampu berjalan hingga 250 kilometer, hanya dengan satu kali pengisian baterai dalam keadaan penuh.

Dengan menggendong baterai 128-kWh yang bisa diisi secara penuh dalam waktu 72 menit menggunakan sistem Combo 1 DC, Hyundai juga menjelaskan bahwa bus County Electric bisa dicas ulang menggunakan outlet 220V rumah tangga, tetapi perlu waktu yang lebih lama, yaitu sekitar 17 jam.

County Electric adalah bus tanpa emisi yang menawarkan fitur keselamatan dan kenyamanan yang luar biasa bagi pengemudi dan penumpang.

"Dengan meningkatnya permintaan kendaraan listrik di pasar kendaraan komersial, Hyundai mempercepat pengenalan kendaraan seperti County Electric," kata Yoon Lee, Wakil Presiden dan Kepala Grup Produk Kendaraan Komersial di Hyundai Motor dalam keterangan resminya.

Baca juga : Gandeng LG, Hyundai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Indonesia

County Electric memiliki panjang dimensi 7.710 mm. Hyundai menawarkan konfigurasi penumpang dengan 15 hingga 33 tempat duduk.

Selain itu, bus juga dilengkapi dengan sistem pengereman air-over-hydraulic (AOH) yang bsa dikontrol secara elektronik. Cakram rem juga dibuat lebih kuat untuk mengatasi peningkatan bobot yang lebih berat karena penggunaan baterai.

Hyundai juga menyebut, minibus ini tidak hanya ekonomis dan ramah lingkungan. Di rentang kecepatan 50 km/jam - 80 km/jam, akselerasi County Electric 30 persen lebih baik dibandingkan model diesel.

Tidak hanya soal ramah lingkungan, Hyundai juga membekali County Electric dengan fitur keamanan terbaru untuk mencegah kecelakaan, saat penumpang naik dan turun. Sensor tersebut diletakkan di dekat pintu tengah, mencegah pintu untuk menutup saat penumpang naik-turun.

Jangan lewatkan : Bus Hidrogen Hyundai Bakal Jadi Armada Bandara Incheon Korsel

Sensor itu juga membunyikan alarm ketika ada bagian tubuh yang terjepit, dan secara otomatis pintu segera terbuka. Sensor ultrasonik juga terhubung ke pedal akselerasi bus, yang mencegah bus bergerak maju, ketika pergerakan penumpang terdeteksi.

Fitur keamanan County Electric lainnya juga dilengkapi dengan sistem suara mesin virtual dan sistem bantuan parkir belakang untuk memperingatkan pejalan kaki dan mencegah kecelakaan.

 

(Denny)

Share :

Damri Tambah Layanan JRC dari Bekasi

Mulai hari Selasa (11/08/2020) lalu, Damri resmi melayani rute JRC Kemang Pratama Bekasi - Stasiun Gambir Jakarta pp (via Komdak, Jenderal Sudirman dan Thamrin City), sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk memperkuat jaringan transportasi darat sek

Read More
Sepi Peminat, BPTJ Akan Hentikan Bus Gratis dari Stasiun Bogor

Penyediaan bus gratis bagi pengguna kereta rel litrik (KRL) di Stasiun Bogor rencananya akan dihentikan karena peminatnya cenderung menurun.

Read More
Daimler Bersama Karoseri Adi Putro Ajak Bismania Ikut Kompetisi Desain Bus Impian

Kompetisi desain bus dari DCVI dan Adi Putro ini bertajuk #MBCVChallenge dan #KreasiBusImpian

Read More