Jakarta, MobilKomersial.com - Sektor transportasi umum turut mengikuti protokol kesehatan kondisi normal yang baru atau new normal yang sudah digaungkan pemerintah Indonesia di tengah wabah COVID-19 yang masih tinggi. 

Djoko Setijowarno, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat mengatakan di era new normal, banyak kota di dunia yang mengurangi kapasitas transportasi umum. Mereka mengalihkannya dengan menggunakan sepeda.

"Untuk perjalanan jarak pendek, moda sepeda dan berjalan kaki benar-benar dikembangkan sedemikian rupa (aman, nyaman dan selamat), supaya tidak beralih ke penggunaan kendaraan pribadi secara berlebihan," kata Djoko dalam pernyataan tertulisnya dikutip Detikcom, Jumat (29/5/2020).

Menurut Djoko, perlu diterapkan protokol yang mencegah penyebaran virus Corona  di sektor transportasi umum seperti bus, angkot, dan kereta.

Baca juga : New Normal Diterapkan, Tarif Tiket Bus Bakal Disesuaikan

Misalnya, kata dia, semua orang yang mengakses transportasi umum tersebut selalu memakai masker juga datang lebih awal ke halte bus atau stasiun untuk menghindari kepadatan di kendaraan.

"Jika kendaraan umum sudah penuh, gunakan kendaraan umum selanjutnya. Safety distance (jarak aman) saat di dalam kendaraan umum saat duduk, saat berdiri, dijaga 1,5 meter-2 meter. Tempat duduk/lantai bisa ditandai untuk memudahkan pelaksanaannya," jelasnya.

Selain itu, juga perlu dilakukan pengecekan suhu tubuh penumpang dan staf sebelum masuk kendaraan. Yang suhunya tinggi atau sakit sebaiknya istirahat di rumah saja. Juga menjaga kebersihan dan disinfektan kendaraan secara rutin. 

"Di bagian ruang pengemudi, dibuatkan pembatas plastik atau mika supaya pengemudi terlindungi, rajin cuci tangan, memakai disinfektan, jangan menyentuh wajah dengan tangan. Jika batuk, ditutupi dengan lengan Anda, jangan dengan tangan Anda," beber Djoko.

Share :

Tol Desari Seksi 2 Brigif – Sawangan Resmi Dibuka Secara Gratis

Jalan Tol Desari (Depok-Antasari) Seksi 2 Brigif-Sawangan telah resmi beroperasi sejak Jumat (03/07/2020) lalu, dan masih belum dikenakan tarif selama dua minggu kedepan

Read More
Jasa Marga Kebut Pembangunan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-Serpong

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) berkomitmen untuk mempercepat pembangunan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II

Read More
Rifat Sungkar Sebut Menjadi Pembalap Reli Bisa Dimulai dari Anak-anak

Anda ingin anaknya menjadi pembalap reli menurut Rifat bisa dimulai dari ikut balapan di gokart. Karena gokart ini punya standar supaya bisa lancar mengendarai mobil balap lain seperti reli atau bahkan balapan single seater.

Read More