Jakarta, MobilKomersial.com - Incheon International Airport Corporation (IIAC) di Korea Selatan dalam lima tahun ke depan rencananya akan mengganti armada bus bandara dengan kendaraan bertenaga listrik.

Dikutip kantor berita Antara yang dilansir dari laman Yonhap pekan lalu, disebutkan bahwa armada pengangkut penumpang bandara Incheon itu nantinya bus bertenaga hidrogen atau termasuk mobil listrik jenis Fuel Cell Electric Vehicle atau FCEV. 

"Hyundai Motor akan menyediakan bus hidrogen, yang nantinya berfungsi mengantar ke bandara Incheon. Perusahaan Prancis Air Liquide SA, pemasok gas industri terbesar di dunia nantinya akan memasok peralatan pengisian dan hidrogen untuk fasilitas ini," demikian pernyataan perusahaan dikutip dari kantor berita Yonhap.

Bus bandara katgoeri FCEV itu nantinya hanya akan mengeluarkan emisi berupa uap air, dan hidrogen yang tersimpan di dalam sel diubah menjadi tenaga listrik untuk memutar motor kendaraan.

Baca juga : Hyundai Akan Hadirkan Kendaraan Komersial Hidrogen di China

Menurut perusahaan konsultan manajemen McKinsey & Co, pasar mobil listrik fuel cell hidrogen di dunia diperkirakan akan tumbuh menjadi 400 juta mobil penumpang, 15-20 juta truk, dan 5 juta bus pada 2025.

Dan selain menyiapkan bus listrik bertenaga sel hidrogen, Hyundai dan Air Liquide akan membangun fasilitas pengisian bahan bakar fuel cell hidrogen untuk bus layanan Bandara Internasional Incheon mulai Maret 2021.

Hyundai Motor dan Air Liquide sudah bekerja sama di bidang kendaraan bertenaga hidrogen serta mendirikan stasiun pengisian hidrogen pada Oktober 2018. 

Kedua perusahaan bertekad menjadi pembuat mobil ramah lingkungan di tengah ketatnya peraturan tentang emisi gas rumah kaca.

Share :

PO Juragan 99 Ajak Warga Malang Nikmati Keindahan Kota Sambil Ngopi di Dalam Bus

PO Juragan 99 menawarkan konsep ngopi yang berbeda, yaitu ngopi di dalam bus, sambil ditemani live music

Read More
Bus Baru Persita Tangerang Pakai Sasis MB OH 1526 dengan Bodi Avante H7

Klub sepakbola asal Tangerang Persita, kini telah memiliki bus baru

Read More
Dishub Solo Kembali Operasikan GatotKaca, Bus Meeting yang Elegan

Dinas Perhubungan kota Solo akan mengoperasikan kembali bus wisata Gatotkaca

Read More