Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi Covid-19 masih berlanjut, dan tentunya berdampak pada sejumlah sektor industri, termasuk industri otomotif di Indonesia.

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) juga mengakui, penjualan bus dan truk miliknya mengalami penurunan drastis.

Chief Operating Officer (COO) PT HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan bahwa, kondisi yang dihadapi saat ini cukup rumit, karena belum ada yang mampu memprediksi kapan pandemi ini akan berakhir.

Apalagi, kata dia, mengingat produk utama dari HMSI yakni bus dan truk, berperan penting untuk menyuplai barang dan logistik agar tentunya kondisi ekonomi tetap stabil.

"Kita disini bukan pemain baru, sudah lebih dari 37 tahun, tapi kita juga masih terus memantau perkembangan. Untuk strategi, belum bisa saya jawab, dan semester dua ini masih agak sulit, karena pandemi ini melanda global," katavantiko saat virtual conference, Rabu (20/05/2020)

Meskipun demikian, Santiko masih optimistis untuk tetap melayani sejumlah sektor yang masih beroperasi di masa pandemi Covid-19 ini.

Santiko menjelaskan, sektor yang masih beroperasi seperti pertambangan, perkebunan, kargo, bisa menjadi prospek penting bagi Hino untuk tetap menjalankan bisnisnya di tengah situasi sulit seperti sekarang ini.

Walaupun belum ada permintaan unit baru, namun sejumlah permintaan layanan purna jual dan spare part masih tinggi, karena adanya kontrak dari HMSI dengan sejumlah industri yang masih aktif beroperasi selama pandemi.

Santiko juga mengatakan, kebutuhan layanan purna jual dan sparepart secara populasi naik. Walaupun di sejumlah wilayah ada penerapan PSBB, HMSI tetap akan membantu dengan layanan home service.

Meskipun demikian, HMSI masih menjalankan operasional, walaupun sangat terbatas dan dengan protokol kesehatan yang dijalankan, pihaknya akan memaksimalkan layanan untuk customer tersebut.

"Kondisi ini truk sekarang kan masih tetap beroperasi, berarti perawatannya masih harus dilakukan, jadi kita akan melakukan hal yang sifatnya back up, supaya perokonomian tetap berjalan," tutup Santiko. 

 

(Denny)

Share :

Mudahkan Pelanggan, DCVI Beri Kemudahan Layanan Purna Jual

PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI) memberikan berbagai kemudahan bagi para pelanggan kendaraan niaga Mercedes-Benz yang ingin kembali beroperasi

Read More
Hino Jual Truk dan Bus Lewat Tokopedia, DP Ringan dan Banyak Promo

Layanan ini sesuai dengan tagline #HinoAlwaysWithYOU yang siap melayani kebutuhan pelanggan akan armada bisnis kapanpun dan dimanapun.

Read More
Kebijakan Euro4 Diundur, Isuzu Ikut Tunda Peluncuran Produk Baru

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) terpaksa harus menunda peluncuran produk terbarunya

Read More