Jakarta, MobilKomersial.com - Di Indonesia, terdapat berbagai jenis dan tipe sasis bus yang juga dijual oleh berbagai merek, mulai dari sasis bus medium, sasis bus besar bermesin depan, hingga sasis bus bermesin belakang. 

Berbagai jenis sasis itupun terdiri dari berbagai kelas, mulai dari kelas bawah, menengah hingga atas atau yang kerap disebut premium. 

Dari banyaknya sasis yang ada, ada dua sasis kelas menengah yang sekarang bisa dibilang cukup digandrungi oleh banyak Perusahaan Otobus (PO) karena speknya yang sudah terbilang lengkap, dan dijual dengan harga yang masih terjangkau. 

Kedua sasis tersebut adalah dari Hino RN285 dan juga Mercedes Benz OH1626. Kedua sasis ini memiliki spesifikasi yang hampir mirip, dengan fitur utama yang ditawarkan berupa suspensi udara. 

Baca juga : Bisa Beroperasi, Pengusaha Bus Bakal Naikkan Harga Tiket

Namun sesuai segmen pasarnya yang masuk sebagai sasis kelas menengah, membuat spek suspensi yang diusung pun berbeda, dan memiliki level satu tingkat dibawah sasis kelas premium. 

Selain itu, kedua sasis ini juga dianggap tanggung untuk menggunakan bodi SHD, padahal bodi tersebut cukup digandrungi para pecinta bus, bahkan beberapa PO bus juga ingin menggunakan bodi tersebut.

Salah satu alasan tidak digunakannya bodi SHD pada kedua sasis tersebut adalah karena center of gravity sasis ini tumpuannya berada di tengah, hal tersebut disebabkan letak balon suspensi udara yang menumpu beban bodi, berada di bagian bawah sasis, dan posisinya tepat di tengah, sehingga dikhawatirkan bodi akan mudah limbung dan dapat terguling jika menggunakan bodi yang tinggi dan berat seperti SHD.

Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat pada video yang terpampang dari channel ARFBus di atas berikut. 

Share :

Bus Neoplan Cityliner Buatan MAN Raih Penghargaan Sebagai Bus 'Coach of the Year 2022'

Man rilis Bus High-Decker Coach edisi Platinum

Read More
Cahaya Bone Tambah Dua Armada Big Bus, Tingkatkan Layanan Perjalanan Pariwisata

Cahaya Bone terus tingkatkan layanannya dengan melakukan penambahan armada

Read More
Volvo Luncurkan Sleeper Bus Baru Antar Kota

Platform Baru VECV Untuk Sleeper Bus Khusus Layanan Antar Kota

Read More
honda

Terkini

Terpopuler