Jakarta, MobilKomersial.com - Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) mempertanyakan keputusan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang kembali memperbolehkan kembali moda transportasi angkutan penumpang beroperasi ke luar daerah.

Ketua Umum IPOMI, Kurnia Lesani Adnan mengaku kebingungan dengan peraturan Kemenhub tersebut, karena saat ini masih belum ada aturan yang jelas.

Ia menyebut, pihaknya masih belum menerima surat edaran (SE) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub tentang aturan operasional moda transportasi angkutan darat.

"Menhub (Budi Karya Sumadi) dengan jelas statement-nya di media memperbolehkan semua moda kembali beroperasi. Namun, khususnya angkutan darat, tidak dibarengi oleh SE yang jelas," ujar pria yang akrab disapa Sani, saat dihubungi MobilKomersial.com, Jumat (8/5/2020).

Baca juga : Banyak Belum Dapat BLT, Pengusaha Bus Inisiatif Bagikan Sembako ke Kru dan Sopir

Sani juga mempertanyakan bagaimana pihaknya bisa mengetahui jika penumpang yang ke luar daerah ini bertujuan untuk mudik atau tidak dan apa yang perlu dilakukan oleh para pengusaha otobus.

"Sekarang pertanyaan saya, siapa yang bisa kontrol itu orang pebisnis atau tidak, jangan nggak jelas begini lah. Kami bingung, apalagi masyarakat," tukasnya.

Lebih lanjut, Sani menyebutkan sudah ada pengusaha bus yang memutuskan untuk kembali beroperasi, meski belum ada aturan yang jelas dari Kemenhub. 

"Kami hari ini (Kamis) seluruh PO sudah beroperasi, tapi sebagian kecil. Masih kita tahan dulu. Yang lain menunggu SE dari Dirjen Hubdar untuk beroperasi," terangnya. 

Namun, kata dia, apabila dalam waktu dekat Dirjen Hubdar tidak ada aturan khusus yang mengatur transportasi ini, maka pihaknya akan kembali beroperasi melayani rute yang sebelumnya dilarang. 

"Kalau sehari dua hari nggak ada aturan teknisnya buat kita ya kita beroperasi penuh seperti biasa. Kita pegang omongan pak Menteri yang membolehkan beroperasi," imbuh Sani.

Share :

Larangan Mudik, DPP Organda: Pemasangan Stiker Jadi Langkah Solutif dan Terukur

DPP Organda sambut baik Surat Dirjen Perhubungan Darat soal pemasangan stiker bus AKAP dan AJAP.

Read More
Pemprov DKI Sediakan Bus Transjakarta Gratis di Tanah Abang

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan 5 armada Transjakarta gratis bagi penumpang yang tidak bisa naik KRL.

Read More
Wow! PO Sinar Jaya Rilis 6 Unit Bus Legacy SR2 Suites Class dengan Kabin Social Distancing

Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya kembali menambah armada baru. Tak tanggung-tanggung, PO ini menghadirkan 6 unit bus Legacy SR2 Suites Class buatan Karoseri Laksana.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler