Jakarta, MobilKomersial.com - Korlantas Polri memanfaatkan sebuah alat baru berupa Thermal Drone, guna mendukung pelaksanaan Operasi Keselamatan 2020 terkait pandemi Covid-19 hingga 19 April mendatang. Upaya ini juga sekaligus bagian dari langkah strategis Korlantas Polri jelang musim mudik di tengah wabah virus ini.

Drone yang digunakan bukanlah drone biasa, tetapi drone yang telah dilengkapi dengan fitur thermal untuk mendeteksi suhu tubuh. 

Selain itu juga terdapat fitur enterprise yang dilengkapi dengan speaker, sehingga berfungsi untuk memberikan imbauan atau peringatan pada titik kerumunan warga.

Kakorlantas Polri menjelaskan, pada ketinggian 5-10 meter drone ini memiliki keakuratan dalam fitur thermal yang sangat baik atau hampir sempurna untuk mengetahui suhu tubuh seseorang di jalan raya.

Baca juga : Operasi Keselamatan Cegah Covid-19, Kakorlantas Cek Suhu Pengendara dengan Drone

Selain itu, Drone ini memiliki standar dalam pengecekan suhu tubuh, apabila masyarakat diukur suhu tubuhnya di luar ruangan, umumnya suhu tubuh akan dikurangi satu derajat. Namun, jika pengukuran dilakukan di dalam ruangan maka pengukuran suhu tubuh akan ditambah satu derajat. 

“Dan bila nantinya ada suhu tubuh yang terdeteksi di atas 38 derajat, akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19,” kata Kakorlantas Polri, Irjen Pol Drs. Istiono, M.H. lewat keterangan persnya.

Dirinya juga menambahkan, terdapat fitur speaker pada drone yang bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan imbauan atau peringatan, pada titik yang terdapat area kerumunan massa. 

Sehingga langkah yang diupayakan sekaligus mendukung kebijakan mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta.

Drone ini merupakan bagian dari operasi keselamatan yang dimulai sejak Senin (06/04/2020) kemarin, sampai 19 april 2020. 

“Drone nantinya akan difungsikan selama masa tangga darurat penanganan virus covid-19 selesai di Indonesia,” tutup Kakorlantas.

 

(Denny)

Share :

Mobil Diam di Garasi, Ini Cara Merawat Aki Biar Tetap Optimal

Ketika mobil jarang digunakan ini ada hal yang harus diperhatikan terutama soal perawatan aki.

Read More
Perluas Pemerataan Energi di Desa, Pertamina Kembali Dirikan 10 Unit Pertashop di Jawa Tengah  

Sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program pemerataan energi di pedesaan, Pertamina melalui Marketing Operation Region IV bekerja sama dengan Pemerintah Daerah telah membangun 10 unit pertashop yang tersebar di 10 desa di Jawa Tengah.

Read More
Polresta Depok Amankan Travel Gelap Angkut Puluhan Penumpang Tanpa SIKM

Sebanyak 8 unit travel gelap dan kendaraan pribadi diamankan di Depok, Jawa Barat. Travel gelap tersebut kedapatan membawa puluhan penumpang mudik yang kembali ke Depok tanpa dilengkapi surat izin keluar-masuk (SIKM).

Read More
honda

Terkini

Terpopuler