Jakarta, MobilKomersial.com - Presiden Jokowi dalam video conference dari Istana Negara, Selasa (31/3) kemarin menyampaikan akan mengeluarkan program untuk taksi online dan ojek online berupa keringanan pembayaran kredit yang sudah mulai berlaku hari ini. 

Keringanan kredit adalah salah satu dari beberapa program yang diandalkan pemerintah, saat kondisi masyarakat bawah tertekan akibat pandemi corona.

"Perihal keringanan pembayaran kredit, bagi para pekerja informal, baik itu ojek online, sopir taksi, pelaku UMKM, nelayan dengan penghasilan harian dengan kredit di bawah Rp 10 miliar OJK telah terbitkan mengenai aturan tersebut dan dimulai berlaku April ini," ujar Jokowi, kemarin.

Jokowi juga menjelaskan, untuk prosedur pengajuannya sendiri telah ditetapkan, sehingga pemohon tidak harus datang ke bank atau perusahaan leasing, tapi cukup melalui e-mail atau media komunikasi digital, seperti WhatsApp. 

Dilansir dari situs resmi OJK, kelonggaran cicilan kredit satu tahun diberikan untuk rakyat kecil. Kelonggaran cicilan ditujukan pada debitur kecil, antara lain sektor informal, usaha mikro, pekerja berpenghasilan harian yang memiliki kewajiban pembayaran kredit untuk menjalankan usaha produktif mereka.

Keringanan yang ditawarkan berupa perpanjangan waktu, penundaan sebagian pembayaran, atau keringanan lainnya yang ditawarkan oleh masing-masing perusahaan pembiayaan. 

Nasabah yang dapat mengajukan keringanan ini adalah mereka yang terkena dampak langsung virus corona, pekerja sektor informal, tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020, pemilik kendaraan, dan kriteria lain yang ditetapkan perusahaan pembiayaan.

"Kebijakan jangka waktu penundaan yang diberikan sangat erat kaitannya dengan dampak COVID- 19 terhadap debitur, termasuk masa pemulihan usaha dan kemajuan penanganan/penurunan wabah COVID-19," demikian pernyataan resmi OJK di situsnya.

Perlu diingat, keringanan kredit ini bukan berarti pemohon sama sekali tidak membayar angsurannya dalam waktu tertentu, melainkan pemohon hanya bisa memperpanjang durasi tenor cicilan, sehingga nominal angsuran cicilan lebih kecil dari sebelumnya. 

Jadi bisa dibilang, keringanan yang digadang-gadang pemerintah, justru membuat tenor cicilan kendaraan para ojek online atau taksi online semakin panjang dan bisa memberatkan di kemudian hari. 

Share :

Jelang New Normal, Korlantas Polri Ajak Masyarakat Terapkan Protokol Kesehatan Saat Berkendara

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Drs. Istiono, M. H melakukan pemantauan di Pos Pengamanan Penyekatan KM 47 Tol Cikampek arah Jakarta pada Kamis

Read More
Kemenhub Siapkan Langkah Antisipasi Hadapi Potensi Puncak Arus Balik

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah menyiapkan langkah antisipasi menghadapi adanya potensi lonjakan arus balik pada masa pasca Idul Fitri 1441 H yang diprediksi terjadi antara tanggal 30 Mei 2020 s.d 1 Juni 2020.

Read More
Ikuti Kebijakan New Normal, Begini Aturan Saat Naik Ojek Online

Mengikuti kebijakan itu, pengemudi ojek online (ojol) seperti Grab dan Gojek turut mempersiapkan diri untuk memasuki era new normal yang akan dipakai bagi driver ketika membawa penumpang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler