Jakarta, MobilKomersial.com - Sudah lebih dari dua minggu kebijakan Work From Home diterapkan banyak perusahaan. Tentunya tetap berada di rumah bukan hal mudah bagi sebagian orang, terutama bagi mereka yang terbiasa memiliki banyak kegiatan atau aktivitas dalam satu hari.

Tentunya rasa bosan pasti akan muncul, saat hanya berada dirumah dalam waktu yang cukup lama.

Sambil mengusir rasa bosan, mengecek kondisi kendaraan yang lama berdiam dirumah bisa jadi alternatif, apalagi jika sebelumnya setiap hari kendaraan pasti beroperasi.

Bagi pemilik kendaraan, terutama kendaraan komersial, salah satu bagian yang bisa dicek ketika berada di rumah adalah busi.

Dilansir dari siaran pers NGK Busi yang diterima MobilKomersial.com, mengecek busi merupakan salah satu hal mudah yang bisa dilakukan, dan tidak membutuhkan peralatan lengkap ala mekanik ataupun bengkel profesional.

"Peralatan yang dibutuhkan sangat sederhana, hanya butuh kunci standar untuk membuka kompartemen, lalu kunci busi sesuai mobil masing-masing, serta tambahan kaca pembesar," tulis NGK.

Saat busi sudah berhasil dibuka dan dikeluarkan dari posisinya, maka normalnya akan terlihat kotoran sisa pengerakan karbon pada bagian busi, terutama di ulir hingga ke elektroda dan pengantar arus.

Kaca pembesar berguna untuk melihat lebih detail kondisinya busi. Biasanya pada busi yang sudah hampir setahun digunakan tanpa dibersihkan, akan terdapat kotoran atau kerak.

Baca juga : Mumpung Work From Home, Koleksi Diecast Bisa jadi Wadah Kreasikan Fotografi

Kotoran atau kerak yang menempel itu bisa dibersihkan, yaitu dengan menggunakan semprotan penetran untuk membersihkan kampas rem.

Tidak dianjurkan membersihkan busi menggunakan amplas, ataupun sikat kawat karena dapat merusak lapisan elektroda busi.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggantinya menggunakan produk baru, kemudian dipasang seperti kondisi semula.

Perlu diketahui, meski berukuran kecil, busi memegang peran penting untuk kerja mesin mobil maupun sepeda motor. Komponen ini bertugas memberi percikan api di dalam ruang bakar saat kompresi campuran bensin dan udara terjadi di dalam mesin.

 

(Denny)

Share :

Tips Mudah Memeriksa Kondisi Kesehatan Mobil di Masa PSBB

Untuk menjaga mobil tetap prima, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut tips seputar cara memeriksa kesehatan mobil di masa PSBB

Read More
Jangan Asal, Begini Memilih Wiper dan Cara Merawatnya

Wiper, komponen pada mobil sering kali terlupakan, karena kebanyakan hanya digunakan pada saat musim hujan.

Read More
Cara Merawat Mobil saat Work From Home

Untuk merawat mobil yang lama tidak dipakai, Anda bisa mencoba beberapa tips dari Pertamina Lubricants.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler