Jakarta, MobilKomersial.com - Roadmap pemerintah dalam mengatur ambang batas gas buang sudah tertuang melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV. 

Sosialisasi standar bahan bakar Euro4 terus dilakukan, terkhusus untuk kendaraan bermesin diesel, yang akan berlaku per 7 April 2021.

Forum Wartawan Otomotif Indonesia (FORWOT) menggandeng PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) serta Kementerian Perindustrian, terus melakukan upaya dalam mensosialisasikan hal tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan yang terkait dengan standar Euro4. 

Hal tersebut bertujuan untuk bersiap menghadapi era baru, standar bahan bakar di Indonesia. Pengaplikasian bahan bakar berstandar Euro4 akan memiliki keuntungan bagi berbagai pihak, mulai dari emisi gas buang yang lebih ramah lingkungan, efisiensi produksi kendaraan, hingga meningkatkan perekonomian bangsa terkait ketahanan bahan bakar.

“Perubahan standar bahan bakar ini akan diikuti oleh produsen otomotif. Tujuan di negara-negara ekspor sudah memasuki Euro4, Euro5, dan Euro6, ini menjadi peluang yang bagus bagi industri untuk meningkatkan daya saing. Kalau ada dua lini produksi kendaraan Euro4 dan Euro2 membuat tidak kompetitif,” terang Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan, Putu Juli Ardika, di Diskusi Pintar Bersama Isuzu dan Kementerian Perindustrian di GIICOMVEC Jumat (6/3/2020).

Baca juga : Hingga Februari 2020, Isuzu Traga Dikapalkan 800 Unit ke Filipina

Terkait kepada penerapan bahan bakar Biofuel 30 (B30), juga sejalan dengan rencana pemerintah menghadirkan bahan bakar yang bersih serta ramah lingkungan. 

Pemanfaatan bahan baku minyak nabati (fatty acid methyl ester/FAME) sejalan untuk menghadirkan bahan bakar yang bersih dari timbal karena minyak nabati tidak mengandung sulfur dan logam. Sehingga semakin besar kandungan FAME di sebuah biosolar maka untuk mencapai standar EURO 4 akan lebih mudah.

Share :

Iveco Pamerkan Truck Baru S-Way Turbostar Edisi Khusus

didedikasikan untuk warisan TurboStar, salah satu truk paling ikonik, legendaris, dan inovatif yang pernah dibuat, yang membuat sejarah

Read More
Fat Truck Luncurkan Truk Industri Utilitas, Bisa Jalan Diatas Air ?

Kendaraan serba bisa ini mampu berjalan di atas air untuk angkut material hingga mendaki bukit terjal dengan kemiringan ekstrim

Read More
eCanter Jadi Truk Berbasis Listrik Pertama Yang Tampil di UEA

ENOC Link pamerkan eCanter sebagai komitmennya terhadap transportasi perkotaan masa depan

Read More
honda

Terkini

Terpopuler